logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News Update
Gresik Siap bila Smelter Freeport Dibangun di Wilayahnya
Gresik Siap bila Smelter Freeport Dibangun di Wilayahnya
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan, kotanya sudah siap bila PT Freeport membangun smelter di daerahnya.
PUSHEP: Permen ESDM 28/2017 Bukti Pemerintah Tak Berkutik Dihadapan Freeport
Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 28 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 05 Tahun 2017 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral di Dalam Negeri merupakan permen yang ilegal karena diterbitkan tidak berdasar dan bertentangan dengan Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba).
Tunggakan PNBP tambang masih Rp 49 triliun
Tunggakan PNBP tambang masih Rp 4,9 triliun
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, tunggakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) perusahaan pemegang izin usaha pertambangan atau IUP, perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara (PKP2B), dan kontrak karya (KK) sudah menciut. Jumlahnya kini menjadi Rp 4,9 triliun.
Komisi VII Eny Maulani  Freeport Hanya Bisa Bangun Smelter di Gresik
Komisi VII, Eny Maulani : Freeport Hanya Bisa Bangun Smelter di Gresik
Anggota DPR RI dari FPG Eny Maulani memastikan Freeport tidak ada pilihan kecuali membangun smelter di Gresik. Jika Freeport membangun di Papua berarti semakin tidak mungkin pembangunan smelter terlaksana.
ESDM Tunjuk 20 Tim Verifikator Pembangunan Smelter
ESDM Tunjuk 20 Tim Verifikator Pembangunan Smelter
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menyiapkan 20 orang sebagai Tim Verifikator pelaksana peningkatan nilai tambah pertambangan melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri.
METI Ingin Harga Listrik EBT Dikaji Kembali
METI Ingin Harga Listrik EBT Dikaji Kembali
Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) kembali mendesak pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan mengenai harga listrik dari energi terbarukan. Kebijakan baru ini dinilai kontra produktif dengan pengembangan energi terbarukan.
11 KK dan 33 PKP2B Belum Amandemen Kontrak Menteri ESDM akan Laporkan kepada Presiden Jokowi
11 KK dan 33 PKP2B Belum Amandemen Kontrak, Menteri ESDM akan Laporkan kepada Presiden Jokowi
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait perusahaan tambang, baik perusahaan pemegang lisensi Kontrak Karya (KK) atau Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang belum menandatangani amandemen kontrak pertambangan seperti diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba).
J Resource Asia Pasifik Belum Bisa Bangun Smelter
J Resource Asia Pasifik Belum Bisa Bangun Smelter
Jakarta Meskipun sudah menggenggam persetujuan analisis dampak lingkungan (Amdal), PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) belum bisa memproduksi maupun membangun pusat pengolahan mineral mentah (smelter) emas di Blok Pani, Gorontalo.