News Update 3 Calon Lokasi Smelter Freeport: Gresik, Sumbawa, dan Papua
News

3 Calon Lokasi Smelter Freeport: Gresik, Sumbawa, dan Papua

3 Calon Lokasi Smelter Freeport: Gresik, Sumbawa, dan Papua
Dalam Framework Agreement yang ditandatangani Freeport McMoRan Inc (FCX) dengan pemerintah pada Agustus 2017 lalu, Freeport sepakat akan memenuhi kewajiban membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di Indonesia.

Menurut perjanjian, pembangunan smelter harus diselesaikan dalam 5 tahun. Biaya investasi untuk pembangunan smelter ditaksir sekitar USD 2 miliar. Ada 3 calon lokasi smelter yang dijajaki, yaitu Gresik, Sumbawa, dan Timika. Masing-masing lokasi punya kelebihan dan kekurangan.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum yang kini menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan adanya rencana mengembangkan industri pertambangan dari hulu sampai hilir di Timika, Papua.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, ada sumber energi yang cocok untuk smelter di Timika, yaitu Sungai Urumuka. Kata Budi, sudah ada produsen listrik swasta yang mau membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas 500 MW di Sungai Urumuka.

Dengan listrik murah dari PLTA, biaya pemurnian tembaga akan jadi sangat efisien. PLTA ini rencananya dibangun sesudah ada kepastian perpanjangan izin operasi untuk PTFI.

"Saya baru tahu, ada pengusaha bilang sudah bikin FS (feasibilty study) di Urumuka di Timika, bisa bangun 2.000 Megawatt (MW). Mereka sudah siap FS untuk 500 MW dan mau jual listriknya ke Freeport karena Freeport masih masih pakai pembangkit diesel dan batu bara. Kalau pakai PLTA, turun biayanya karena lebih murah dan lebih ramah lingkungan. Tapi Freeport belum mau beli karena belum dapat perpanjangan," ujarnya kepada kumparan, beberapa waktu lalu.

Selain ketersediaan sumber energi, Budi menambahkan, pembangunan smelter di Timika juga bisa efisien karena dekat dengan sumber bijih tembaga.
"Smelter itu butuhnya cuma dua, yaitu ore (bijih tembaga) dan listrik. Ore tembaga sudah ada di situ. Jadi kalau kita mau jual tembaga, kalau mau bikin produk turunan jadi copper block, atau copper table yang dibutuhkan mobil listrik, itu bisa dibangun di sana. Murah karena barangnya ada di sana dan sumber energinya besar," ia menjelaskan.
Namun, ketersediaan infrastruktur pendukung dan lahan yang belum jelas mempersulit pembangunan smelter di Timika. Masalah yang sama juga ada bila Freeport ingin membangun smelter di Sumbawa.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT