News Update Anggota DPR Ingin Kinerja Seluruh Smelter Sektor Pertambangan Diawasi
News

Anggota DPR Ingin Kinerja Seluruh Smelter Sektor Pertambangan Diawasi

Anggota DPR Ingin Kinerja Seluruh Smelter Sektor Pertambangan Diawasi
Jakarta: Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menginginkan agar pemerintah mulai dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta lembaga terkait dapat betul-betul memperhatikan kinerja semua smelter di sektor pertambangan nasional.

"Perhatikan kinerja semua smelter tambang, mulai dari smelter timah hingga tembaga," kata Mulyanto, dikutip dari Antara, Selasa, 15 September 2020.

Menurut Mulyanto, kalau Pemerintah serius dengan program hilirisasi hasil tambang, semestinya yang diawasi tidak saja kinerja smelter nikel tapi juga smelter untuk komoditas tembaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad
Smelter adalah fasilitas untuk memurnikan hasil tambang dari berupa bijih logam menjadi logam. Dengan permurnian ini, maka Indonesia tidak lagi mengekspor bijih tambang atau konsentrat tembaga, namun hasil produk hilirisasinya yang bernilai tambah lebih tinggi.

Harapannya dengan menggunakan fasilitas smelter dalam jangka panjang tersebut, maka neraca transaksi perdagangan ke depannya akan lebih positif.

"Pemerintah perlu ekstra kerja keras di tengah pandemi COVID-19 ini, agar kinerja smelter dapat berjalan sesuai target, sebab masih banyak masalah yang dipertanyakan publik terkait kinerja smelter ini," ujar Mulyanto.

Mulyanto berpendapat, secara konsepsional program hilirisasi produk tambang melalui smelter ini akan memunculkan efek berlapis bagi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat.

Efek berlapis tersebut, lanjutnya, adalah seperti diperolehnya produk turunan logam lain misalnya kabel dan asam sulfat, tumbuhnya usaha rantai pasok, tumbuhnya industri terkait di hilir, terbukanya lapangan kerja baru, serta peningkatan keterampilan SDM dan alih teknologi dalam negeri.

Mulyanto menyayangkan bahwa progres pembangunan smelter tembaga seperti jalan di tempat. Sampai dengan bulan Juli 2020, pembangunan smelter baru PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik baru mencapai 5,86 persen dari target yang seharusnya 10,5 persen.

Bila tidak tercapai, lanjutnya, maka ia berpendapat agar sanksinya adalah penghentian sementara persetujuan ekspor konsentrat mereka, serta membayar denda administratif.

"Pemerintah harus tegas menyikapi masalah ini. Gunakan aturan hukum yang berlaku. Jangan terlalu banyak pemakluman menghadapi perusahaan-perusahaan tambang," kata Mulyanto.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif, meminta proyek strategis pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur dapat dipercepat penyelesaiannya agar segera memberi manfaat nyata bagi bangsa Indonesia.

"Saya berharap proyek smelter PT Freeport ini bisa segera selesai, kita akan terus mendorong ini karena jika ini selesai kita tinggal mendorong industri hilirnya supaya bisa berkembang," ujarnya.

Pembangunan smelter PT Freeport ini dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun dan direncanakan selesai pada akhir 2023 mendatang. Investasi dari proyek ini adalah senilai USD3 miliar.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT