News Update Antam (ANTM) Raih Fasilitas Kredit BNI US$82 Juta
News

Antam (ANTM) Raih Fasilitas Kredit BNI US$82 Juta

Antam (ANTM) Raih Fasilitas Kredit BNI US$82 Juta
Bisnis.com, JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mendapatkan fasilitas kredit dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) senilai total US$82 juta untuk refinancing dan keperluan belanja modal.

Sekretaris Perusahaan Antam Aprilandi H. Setia menyampaikan, perseroan mendapatkan kredit investasi dari BNI senilai US$82 juta. Dengan perhitungan nilai tukar rupiah Rp14.500 per dolar AS, perusahaan mendapatkan pinjaman Rp1,19 triliun.

“Pinjaman itu dipakai untuk refinancing obligasi Rp900 miliar, sedangkan sisanya untuk modal kerja,” tuturnya, Jumat (14/12).

Antam memiliki Obligasi Berkelanjutan I tahun 2011 senilai Rp900 miliar dan bunga 8,375% per tahun. Surat utang itu jatuh tempo pada 14 Desember 2018.
Baca juga: WSBP Kejar Kontrak Baru Rp6,6 Triliun

Adapun, fasilitas kredit dari BNI memiliki tenor 7 tahun dengan suku bunga LIBOR 3 bulan + 2% per tahun. Saat ini, tingkat LIBOR berada di level 2,77%, sehingga bunganya dianggap lebih menarik dibandingkan obligasi terdahulu.

“Alhamdulillah kami mendapatkan bunga yang lebih bagus dan kompetitif, sehingga dapat menurunkan beban keuangan perusahaan,” imbuhnya.
Baca juga: INDY Pacu Produksi Batu Bara Premium

Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengungkapkan, pada 2011 Antam menerbitkan obligasi sejumlah Rp3 triliun dalam dua seri. Pertama, obligasi Seri A senilai Rp900 miliar dengan bunga 8,375% per tahun.

Kedua, obligasi Seri B senilai Rp2,1 triliun dengan bunga 9,05% per tahun. Tenor surat utang ini mencapai 10 tahun.

“Hasil obligasi untuk pembiayaan rutin di unit bisnis perusahaan, dan pengembangan pabrik Pomalam,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (14/12).

Di Pomalaa, perusahaan mengoperasikan pabrik feronikel yang memiliki kapasitas terpasang 27.000 TNi (ton dalam nikel) per tahun. Per September 2018, total penjualan Antam mencapai Rp19,69 triliun, dimana bisnis feronikel menyumbang Rp3,85 triliun dengan volume 19.149 TNi.

Pada akhir 2018, Antam akan memulai commissioning pabrik di Halmahera Timur dengan kapasitas 13.500 TNi per tahun. Operasi komersial diperkirakan baru dapat dimulai pada pertengahan 2019.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT