News Update Antam-OENI Teken Proyek Pengembangan Pabrik Nikel di Halmahera
News

Antam-OENI Teken Proyek Pengembangan Pabrik Nikel di Halmahera

Antam-OENI Teken Proyek Pengembangan Pabrik Nikel di Halmahera
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menandatangani Head of Agreement (HoA) Proyek Pengembangan Pabrik Nickel Pig Iron (NPI) Blast Furnace Halmahera Timur dengan Ocean Energy Nickel International Pte. Ltd (OENI).

Penandatangan acara tersebut dilakukan di acara Indonesia Investing Forum 2018, IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 di Nusa Dua, Bali, hari ini. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama ANTAM Arie Prabowo Ariotedjo dengan Chairman and Director OENI Li Ping Sheng.


Direktur Utama ANTAM Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, proyek pengembangan pabrik NPI Blast Furnace ini merupakan salah satu tonggak penting dalam rangka meningkatkan nilai tambah komoditas mineral yang dikelola oleh perusahaan.

"Proyek NPI Blast Furnace Halmahera Timur akan menambah total produksi nikel tahunan ANTAM dan diharapkan akan mendukung kinerja perusahaan," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (11/10/2018).

Adapun pokok-pokok perjanjian pada kerja sama ANTAM dengan OENI, diantaranya adalah ANTAM akan menjamin ketersediaan bijih nikel di proyek NPI Blast Furnace; sedangkan OENI akan memastikan pendanaan dan penyelesaian konstruksi tepat waktu.
Selain itu, ANTAM akan memperoleh kepemilikan sebesar 30% (free carry) sedangkan OENI sebesar 70%. Namun ANTAM memiliki opsi untuk melakukan pembelian saham untuk menjadi mayoritas setelah lima tahun operasi.

Proyek NPI Blast Furnace memiliki total kapasitas produksi mencapai 320.000 ton NPI (TNPI) atau setara dengan 30.000 ton nikel (TNi) yang terdiri dari 8 line dengan total investasi sekitar USD320 juta. Dua line pertama diharapkan dapat memulai produksi pada kuartal IV/2020, sedangkan secara keseluruhan ditargetkan pabrik tersebut beroperasi pada tahun 2023.

Proyek NPI Blast Furnace akan menambah portofolio kelolaan smelter ANTAM selain pabrik feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara, yang berkapasitas 27.000-30.000 TNi serta proyek pembangunan Pabrik Feronikel Halmahera Timur berkapasitas 13.500 TNi.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT