News Update Erick Thohir Sebut Akuisisi Vale Penting Bagi RI, Kenapa?
News

Erick Thohir Sebut Akuisisi Vale Penting Bagi RI, Kenapa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengulas pentingnya menyambut era kendaraan listrik di Indonesia. Dalam hal ini, dia menilai bahwa proses akuisisi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menjadi tahapan penting.

"Saya rasa tadi bahwa electric vehicles ke depannya itu bagian yang sangat penting. Dan kita punya total populasi 271 juta jiwa, apalagi pak presiden sudah bicara ibu kota baru autonomous untuk kendaraan publiknya," kata Erick Thohir di sela acara Indonesia Millennial Summit di The Tribrata, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Erick Thohir menilai, baterai sebagai komponen utama kendaraan listrik akan menjadi kebutuhan besar di masa depan. Di sisi lain, Indonesia punya potensi terkait hal itu.


"Kita produsen nikel nomor besar, terbesar di dunia mungkin. Nah, dengan itu bagaimana bahwa akuisisi Vale juga menjadi bagian penting secara strategic plan. Nah prosesnya masih berjalan nah kita tunggu saja maksimal di pertengahan tahun ini sudah bisa ada info yang terbaik," bebernya.



Sebelumnya, Direktur Operasional Mining Industrial Indonesia (MIND ID) Ogi Prastomiyono mengatakan valuasi nilai untuk divestasi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sebesar 20% saham bisa di bawah US$ 500 juta atau sekitar Rp Rp 7 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$).

Meski diperkirakan di bawah US$ 500 juta pihaknya tetap menyiapkan anggaran US$ 500 juta.

Dana tersebut menurutnya didapat dari pinjaman sindikasi tiga bank, di antaranya Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), Bank Mandiri, dan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG).

"Valuasinya di bawah itu lah, tapi kita anggarkan US$ 500 juta," katanya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT