News Update Pemanfaatan Limbah Smelter Harus Seusai Kaidah Internasional
News

Pemanfaatan Limbah Smelter Harus Seusai Kaidah Internasional

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah sedang mengupayakan agar limbah nikel dan baja hasil smelter bisa dimanfaatkan untuk bahan baku industri lainnya. Pemerintah terus membicarakan aturan-aturan teknis dan kajian agar sesuai dengan kaidah-kaidah internasional.

Meski begitu, Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto, mengatakan, saat ini Pemerintah belum memutuskan peraturan apa saja yang akan dibuat atau diubah karena masih akan menyesuaikan dengan standar Internasional.

"Belum ada hasil, baru bicara saja mengenai slag baja sama nikel. Jadi ke depan pengaturannya kita sesuailanlah dengan kaidah-kaidah internasional," kata Harjanto ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/9).

Menurutnya, peraturan yang bisa dijadikan acuan agar limbah slag nikel dan baja dimanfaatkan, salah satunya Brussel Convention.

"Kan ada Basel convention, yang bisa kita pakai sebagai norma internasional dan kita akan melihat PP [peraturan pemerintah]-nya atau permen LH-nya ke depan. Tetapi belum finallah pembicaraannya," ujar dia.

Adanya upaya untuk memanfaatkan limbah slag nikel dan baja, menurut Harjanto, tidak lain agar industri smelter dalam negeri lebih menarik bagi investor. Sebab, hal ini sesuai dengan keinginan Pemerintah yang ingin terus menciptakan iklim investasi yang bersahabat.

"Nilai tambah dibangun dalam negeri investasi masuk sehingga untuk ke sana kita kan harus berkaca kepada ketentuan-ketentuan standar internasionallah yah. sepanjang itu prodaknya bisa diterima standar lingkungan, ya tentunya ini harus bisa disimplifikasilah aturan-aturan yang ada," ungkapnya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT