News Update Pengakuan Bahlil sebagai Pengusaha Nikel: Saya Sudah Insaf!
News

Pengakuan Bahlil sebagai Pengusaha Nikel: Saya Sudah Insaf!

Pengakuan Bahlil sebagai Pengusaha Nikel: Saya Sudah Insaf!
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan rapat kerja bersama Komisi VI DPR, Kamis (7/11/2019). Dalam rapat kerja itu sempat disinggung perihal pelarangan ekspor nikel yang rencananya akan berlaku pada 1 Januari 2020.

Kendati demikian, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pernah memberi sinyal bahwa pelarangan ekspor nikel itu bisa saja dipercepat. Pada kesempatan itu, Bahlil akhirnya mengklarifikasi, bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan surat edaran apapun yang membatalkan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2019.

Bahlil bahkan mengakui bahwa dirinya juga seorang pengusaha batu bara.

"Saya buka saja abang-abang, saya juga pengusaha nikel, kalau boleh dikatakan enggak bersih-bersih amat juga," kata dia di Gedung DPR, Kamis (07/11/2019).

Meski begitu, ia mengaku itu semua adalah masa lalu. "Sekarang sudah insaf," jelasnya.

"Penting saya sampaikan, tidak pernah [BKPM] mengeluarkan satu surat membatalkan surat menteri ESDM," kata mantan Ketua Hipmi ini.

Ia mengatakan, BKPM saat itu mengadakan rapat bersama para pengusaha yang telah membangun smelter. Dalam rapat itu, ia meminta komitmen para pengusaha atas larangan ekspor nikel ini.

Baca:
Airlangga Punya 15 Program Ekonomi Prioritas, Apa Saja?

"Kita akhirnya membuat solusi, saya tanya kepada mereka, apa kalian melakukan ekspor atau tidak? Mereka katakan kepada saya, oke kami tidak ekspor ore tapi kalau bisa nikel kami dibeli dengan harga internasional, kurangi transport, dan kurangi pajak," ucap Bahlil.

Lebih lanjut Bahlil mengatakan mengatakan pengusaha nikel harus jujur dengan praktik selama ini, bahwa ekspor barang mentah itu tidak benar.

Apalagi sebenarnya yang dibolehkan ekspor adalah semestinya yang kadarnya di bawah 1,7%. Tapi, praktiknya justru yang diekspor kebanyakan yang di atas 1,7%. Lalu, ia juga menjelaskan bahwa yang mendapat izin ekspor adalah yang semestinya membangun smelter.

"Tapi apa yang terjadi, banyak perusahaan mendapat izin ekspor tanpa membangun smelter. Ketika saya penugasan sebagai kepala BKPM, hanya satu, menegakkan aturan dan menunaikan tujuan berbangsa dan bernegara," tuturnya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT