News Update Stop Ekspor Nikel Demi Nilai Tambah Industri Pertambangan
News

Stop Ekspor Nikel Demi Nilai Tambah Industri Pertambangan

(Beritadaerah – Nasional) Polemik nikel antara pemerintah dan pengusaha serta penambang nikel sudah memasuki babak akhir. Mereka akhirnya sepakat untuk menyetop ekspor nikel mulai 1 Januari 2020.

Nikel merupakan komoditas logam strategis yang dimiliki Indonesia. Indonesia menguasai 23,7% pasar dunia dan menjadi eksportir nikel nomor 6 dari 10 negara produsen nikel terbesar di dunia pada 2016.

Sebagaimna disampaikan oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat menggelar konferensi pers di kantornya, Selasa (12/11/2019),”Tolong kasih tahu ke penjuru dunia, penambang dan pengusaha smelter di Indonesia telah satukan tekad. Kami tidak mau ekspor ore [bijih nikel] per 1 Januari 2020”.

Kondisi ini disambut positif oleh Ketua Indonesia Mining Institute, Irwandy Arif, yang juga adalah pengamat pertambangan dari ITB. Menurutnya, penyelesaian ini merupakan bentuk kemajuan bagi industri pertambangan.

“Apa yang dilakukan pemerintah sebuah langkah bagus bagi pengembangan industri dalam negeri. Hanya, pemerintah juga perlu membuat suatu aturan untuk mendukung kebijakan larangan ekspor nikel itu. Jangan sampai perusahaan yang sudah mendapat izin ekspor hingga 2020, akan mendapat masalah di kemudian hari,” tambahnya.” kata Irwandy, Kamis (14/11).

Irwandy juga mengingatkan pemerintah agar tetap memperhatikan dan melindungi penambang dan pengusaha smelter yang memiliki izin ekspor hingga akhir Desember 2019. Irwandy menjelaskan bahwa pemberlakuan larangan ekspor nikel memberikan manfaat jangka panjang bagi industri nikel.

Dengan adanya larangan ekspor, maka Indonesia akan fokus mengembangkan komoditas nikel menjadi produk hilir berupa baterai yang harganya bisa lebih tinggi berlipat-lipat.

“Pastinya dalam jangka panjang, ke depannya memang akan bermanfaat bagi industri baterai. Tentu menjadi nilai tambah bagi industri pertambangan kita,” sambung Irwandy.

Industri nikel Indonesia diprediksi bakal meningkat pesat jika dilakukan hilirisasi karena nilai ekonomis produk hilir bisa mencapai US$17 ribu per ton atau sekitar Rp238 juta. Sementara produk hulu yang dijual Indonesia saat ini hanya US$40-45 per ton bijih atau sekitar Rp560-630 ribuan.

https://www.beritadaerah.co.id/2019/11/15/larangan-ekspor-nikel-1-januari-2020-demi-nilai-tambah-industri-pertambangan/

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT