News Update Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport
News

Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport

Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport
Tembagapura - "Mau ke Freeport ya, bisa lihat emas dong?"
"Emas Freeport seberapa banyak sih?"

Itulah kira-kira pertanyaan sekaligus anggapan sebagian besar masyarakat mengenai hasil tambang Freeport atau PT Freeport Indonesia (PTFI). Tim detikcom berkesempatan mengunjungi 2 tambang utama Freeport di Tembagapura, Mimika, Papua untuk melihat lebih dekat proses sekaligus wujud hasil tambang PTFI.

ADVERTISEMENT
Image parallax1

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk menuju tambang utama Freeport, yaitu kompleks Tambang Bawah Tanah, perjalanan dimulai dari Timika menggunakan bus anti peluru menuju Tembagapura dengan pengawalan satgas keamanan selama kurang lebih 2,5jam.

Setelah tiba di Tembagapura berganti dengan bus yang tak kalah besar untuk melewati jalur terjal dan berkelok menuju ke tambang bawah tanah tersebut.
Baca juga:
Kemandirian untuk Papua Jika Tambang Freeport Tak Lagi Ada

Di kaki Gunung Sudirman ini, tepatnya di mill 74 terlihat beberapa proses pengolahan bijih mineral atau yang disebut dengan ore. Lebih ke dalam lagi, tepat di perut bumi, terlihat pintu masuk area Tambang Bawah Tanah yaitu terowongan Ali Budiardjo. Di dalam area ini lah, bijih mulai dieksplorasi.

Executive Vice President Operation sekaligus Kepala Teknik Tambang, Carl Tauran, menjelaskan Tambang Bawah Tanah ini mempunyai 4 bagian Big Gossan, Deep Ore Zone (DOZ), Deep Mill Level Zone (DMLZ) dan Grasberg Block Cave (GBC).

"Dari proses penambangan kita hanya punya dua cara, open-stop mining dan block caving. Tipikal paling utama bedanya, block caving tambangnya besar dan produksinya bisa masif. Sementara open-stop mining produksinya tidak masif dan tambang kecil," kata Carl kepada detikcom di kantornya, Tembagapura, Papua, beberapa waktu lalu.
Carl TauranCarl Tauran Foto: Grandyos Zafna


Untuk tambang bawah tanah ini yang dominan dilakukan dengan cara block caving yaitu dengan memotong bijih dari bawah kemudian meledakkan bijih tersebut hingga runtuh akibat berat dan gravitasi. Runtuhan ini kemudian ditarik dan diangkut menuju alat penghancur.

Setelah dihancurkan, bijih atau ore tersebut dikirim ke pabrik pengolahan untuk memisahkan mineral bernilai ekonomis dan ampasnya (tailing). Dari proses pengolahan ini, konsentrat (dalam bentuk bubur, 65% padat) dipompa ke Portsite melalui jaringan pipa sepanjang 115 km. Sesampainya di Portsite, konsentrat ini dikeringkan sehingg

Baca artikel detikfinance, "Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport" selengkapnya https://finance.detik.com/energi/d-5858203/bukan-bongkahan-emas-ini-penampakan-hasil-tambang-freeport.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT