News Update Masih Tegar Lawan Omricon, Harga Nikel Lanjut Naik
News

Masih Tegar Lawan Omricon, Harga Nikel Lanjut Naik

Jakarta, CNBC Indonesia - Persediaan bijih nikel di China turun pada akhir pekan kemarin menopang kenaikan harga nikel pada perdagangan hari ini.

Pada Senin (6/12/2021) pukul 10:42 WIB harga nikel tercatat US$ 20.067,50/ton, naik 0,19% dari harga penutupan perdagangan akhir pekan lalu.


NikelSumber: Investing.com

Baca: Pasokan Nikel Dunia Defisit, Harganya Langsung Melejit!

Persediaan bijih nikel di pelabuhan China turun 169.000 ton basah (wmt) menjadi 9,18 juta wmt per 3 Desember dengan total kandungan Ni mencapai 72.100 mt. Total persediaan di tujuh pelabuhan utama mencapai sekitar 4,39 juta wmt, turun 129.000 wmt dari minggu sebelumnya.

Masalah rantai pasokan di pelabuhan jadi penyebab utama persediaan bijih nikel di pelabuhan turun. Pelabuhan Lanshan mengalami penumpukan kontainer yang parah dan menghadapi tekanan karena pengiriman dari pelabuhan yang lambat. Pelabuhan Jingtang juga mengalami kesulitan dalam pengiriman kontainer.

Pengiriman bijih nikel yang tiba belakangan ini mengalami penurunan. Persediaan bijih nikel diperkirakan akan terus merosot dalam jangka pendek karena gangguan cuaca di Filipina, pemasok bijih nikel utama China.

Produksi nikel Filipina untuk tahun 2021 kemungkinan akan turun karena gangguan cuaca yang tidak terduga dan beberapa masalah logistik, kata seorang pejabat tinggi dari Asosiasi Industri Nikel Filipina (PNIA).

Presiden PNIA Dante R. Bravo mengatakan produksi nikel tahun 2021 akan sekitar 10% menjadi hampir 25 juta dari 27,17 juta metrik ton kering (DMT) pada tahun 2020.

Mengacu data Statista, China adalah konsumen terbesar nikel di dunia dengan menyerap 1,31 juta ton pada 2020. Sedangkan Filipina adalah produsen nikel terbesar kedua dunia dengan hasil 320.000 ton pada tahun 2020.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT