News Update Pembangunan Smelter PTFI di Gresik Butuh Sinergi Antara Pemerintah Pusat dan Daerah
News

Pembangunan Smelter PTFI di Gresik Butuh Sinergi Antara Pemerintah Pusat dan Daerah

GRESIK (SUARABARU.ID)- Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari, memberikan apresiasi atas pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI), di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, yang dinilai sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana. Ratna berharap, pembangunan smelter itu selesai tepat waktu pada 2023 mendatang.

”Kami dari Komisi VII DPR berharap, agar proyek ini bisa berjalan sesuai rencana, dan mampu menyerap tenaga kerja lokal yang banyak. Dengan kondisi ini, bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian, khususnya di Kabupaten Gresik,” kata Ratna, ketika mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI, ke smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta, agar terwujud sinergi antara industri-industri dari produk turunan yang dihasilkan dari smelter ini.
baca juga
Mgid
Mgid
Siapa yang Menderita Diabetes Baca Segera sebelum Dihapus
Bagaimana Rumor Mbak You Palsukan Kematiannya Mulai Beredar?
Pemeran "Boboho" Besarnya jadi Ganteng Banget! Intip di Sini
Terungkap, Ini Kisah Cinta Terlarang Meriam Bellina-Hotman Paris

BACA JUGA: Spotify Bagikan Musik Trending di Indonesia Sepanjang 2021

”Jadi tidak hanya memproduksi produk intermediate, tapi juga menghasilkan produk jadi yang memiliki kualitas ekspor. Sehingga Indonesia bukan hanya menjadi negara pasar, tapi juga harus bisa berkembang menjadi negara distributor,” ujar Ratna.

Untuk mencapai target pembangunan smelter PTFI berjalan dan selesai sesuai target, Ratna meminta, agar pemerintah memperhatikan fasilitas-fasilitas umum, seperti akses jalan.

”Kami melihat akses jalan menuju smelter ini belum cukup baik, sehingga bisa agak menghambat proses pengiriman alat-alat ataupun material yang diperlukan di lokasi proyek,” papar Ratna.

BACA JUGA: Pelayanan Disdukcapil Jepara Lampui Semua Target Nasional

Dia berharap, adanya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, agar bisa mengatasi hal ini. Mengingat, proyek pembangunan smelter ini juga merupakan salah satu pembangunan proyek strategis.

”Harapan kami, ada support pemerintah, meskipun ini pelaksananya separuh swasta dan separuh pemerintah,” tambah Ratna.

Di sisi lain, Komisi VII DPR RI berharap, ada multiplier effect dari pembangunan smelter PTFI ini. Ratna memaparkan, agar kegiatan yang terkait dengan pembangunan smelter ini, seperti kehadiran tenaga kerja dan sektor-sektor lainnya, juga diharapkan mendapatkan kontribusi yang riil, dengan adanya smelter PTFI ini.

BACA JUGA: Desa Penari, Kisah Mahasiswa KKN Berujung Maut

”Kami sangat berharap, pembangunan smelter ini bisa melibatkan warga lokal. Sehingga kegiatan perekonomian di masyarakat lokal juga bisa meningkat,” tutur legislator daerah pemilihan (dapil) Jatim IX ini.

Selain itu, Ratna juga mengungkapkan, DPR yang memiliki fungsi anggaran, juga akan memberikan perhatian khusus, terkait fasilitas yang dibutuhkan untuk peningkatan percepatan pembangunan smelter PTFI.

”Kita saling bekerja sama, antara pemerintah maupun swasta, apa yang bisa kita berikan agar proyek ini sesuai target dan segera beroperasional,” tukas Ratna.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT