News Update Pemerintah Gencar Bangun Smelter, Kendur Genjot Industri Antara
News

Pemerintah Gencar Bangun Smelter, Kendur Genjot Industri Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah menggenjot industri smelter tidak diiringi dengan pengembangan industri antara membuat serapan produk mineral dalam negeri rendah. Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan bahwa smelter di dalam negeri masih melakukan mengolah produk mineral logam dengan tingkat olahan rendah.

Misalnya pada produk nikel. Industri hanya mengolah komoditas bijih nikel menjadi nickel pig iron, nickel matte dan ferro nickel. Hasil olahan ini belum dapat diserap maksimal di industri antara dalam negeri menjadi produk jadi.

“Industri antara ini yang menghubungkan antara hasil olahan yang masih belum terlalu advance tersebut ke industri hilirnya [masih belum terserap],” katanya kepada Bisnis, Kamis (9/12/2021).

Lebih jelas, Faisal menyebutkan bahwa ketiadaan industri antara tersebut membuat indonesia mengekspor produk olahan tingkat awal. Kemudian mengimpor kembali untuk proses menjadi produk jadi. Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) mengungkapkan bahwa serapan domestik untuk produk olahan smelter masih di bawah 5 persen dari total produksi.

Sekitar 95 persen produk hasil olahan di smelter diekspor ke sejumlah negara tradisional terutama China. Negara itu masih menjadi negara utama pengimpor produk olahan nikel dari dalam negeri. Pada industri baterai, LG dan Hyundai telah membenamkan investasi Indonesia untuk memproduksi baterai. Produk hilir ini nantinya tetap memerlukan komponen seperti katoda hingga lithium. Persoalannya, industri tersebut belum ada di Indonesia.

“Antara industri baterai dengan industri yang mengolah produk olahan dari smelter ini yang belum ada. Antara hasil olahan nikel dengan industri hilir di baterai itu yang belum ada,” terangnya. Sementara itu pada industri besi dan baja, CORE Indonesia mendorong agar PT Krakatau Steel Tbk. (KRAS) dapat dimanfaatkan sebagai penyerap hasil olahan smelter untuk produk besi baja.

Faisal menduga adanya ketidakcocokan antara kebutuhan KRAS dengan hasil olahan smelter. “Sepertinya ada yang missing link antara yang dibutuhkan Krakatau Steel untuk membuat besi baja dengan bahan baku yang semestinya disuplai oleh smelter.” KRAS selama ini masih mengimpor kebutuhan untuk produksi besi - baja. Padahal Indonesia salah satu penghasil logam maupun bijih besi untuk menghasilkan produk jadi.

“Makanya mestinya kan linked [industri antara] ini dibangun di dalam negeri, bukan hanya berorientasi pada kebutuhan yang ada di luar negeri,” terangnya. Dia menilai perlu adanya pemetaan ulang industri eksisting. Selain itu, koordinasi antara Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian mesti diperkuat. Langkah ini kemudian dibarengi dengan menggenjot industri antara dalam negeri.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Pemerintah Gencar Bangun Smelter, Kendur Genjot Industri Antara", Klik selengkapnya di sini: https://ekonomi.bisnis.com/read/20211210/44/1476103/pemerintah-gencar-bangun-smelter-kendur-genjot-industri-antara.
Author: Rayful Mudassir
Editor : Amanda Kusumawardhani

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT