News Update Anggota DPR: Bandara Morowali mendesak direalisasikan
News

Anggota DPR: Bandara Morowali mendesak direalisasikan

Anggota DPR: Bandara Morowali mendesak direalisasikan
Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan Ahmad H. Ali meminta pemerintah pusat segera menyelesaikan pembangunan bandar udara di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, karena sangat mendesak untuk percepatan pembangunan daerah.

"Kami memandang bahwa Morowali sudah sangat membutuhkan bandara untuk meningkatkan akses perhubungan udara guna mempercepat pembangunan ekonomi yang terkenal dengan hasil tambang dan perkebunan itu," kata Ahmad H. Ali di Palu, Minggu.

Politisi Partai NasDem dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah itu menyebut Kabupaten Morowali merupakan salah satu kawasan potensial untuk pertambangan nikel, emas serta perkebunan kelapa sawit dan karet yang sedang ramai dilirik investor.

Karena itu, kata Haji Matu, panggilan akrab Ahmad H. Ali, daerah tersebut masuk sebagai salah satu kawasan industri pertambangan yang saat ini sedang dibangun smelter berskala besar yang dimiliki PT. Bintang Delapan Mineral dan sejumlah investor lainnya.

"Kabupaten Morowali merupakan salah satu kabupaten potensial yang banyak diminati investor di bidang pertambangan dan perkebunan, olehnya daerah itu butuh infrastruktur perhubungan udara," ujarnya.

Morowali dan Morowali Utara saat ini hanya bisa dijangkau dengan jalan darat dari Palu dengan jarak 500 kilometer dan dari Kendari, Sulawesi Tenggara sekitar 350 kilometer dengan waktu tempuh antara 12 sampai 15 jam.

Dirinya mengutarakan saat ini pemerintah Kabupaten Morowali telah menyiapkan lahan untuk membangun landas pacu sepanjang 1.600 meter di bandara tersebut, namun Kementerian Perhubungan baru dapat menyelesaikan pembangunan sekitar 1.050 meter.

"Lahan yang sudah pasti yaitu 1.600 meter, nah hal ini butuh perhatian pemerintah pusat untuk menurunkan anggaran agar bandara tersebut dapat diselesaikan pada 2016 ini," ujarnya.

Ia menguraikan bahwa untuk menyelesaikan pembangunan landasan pacu Bandara Morowali sepanjang 1.600 meter, dibutuhkan anggaran sekitar Rp100 miliar.

Haji Matu berharap kebutuhan anggaran tersebut bisa dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

Sumber : www.antaranews.com

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT