News Update Newmont belum "deal" jual saham ke Medco
News

Newmont belum "deal" jual saham ke Medco

Newmont belum "deal" jual saham ke Medco
Manager Public Relations PT Newmont Nusa Tenggara Rubi Purnomo menegaskan hingga saat ini belum ada "deal" antara Newmont dengan PT Medco Energi Internasional Tbk untuk melepas 76 % saham.

"Belum ada keputusan atau deal-dealan soal penjualan saham," kata Rubi Purnomo di Mataram, Jumat.

Sebelumnya tersiar kabar, perusahaan minyak dan gas milik Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk selangkah lagi akan menguasai 76% saham PT Newmont Nusa Tenggara dengan nilai US$2,2 miliar setara Rp30 triliun.

Rubi mengatakan, saat ini proses penjualan 76 % saham Newmont kepada PT Medco Energi Internasional Tbk, masih dalam taraf pembahasan para pemegang saham. Sehingga, kalau pun dikatakan sudah ada "deal" dirinya menegaskan tidak benar.

"Jadi mengenai spekulasi penjualan saham itu belum ada. Karena semuanya masih dalam proses pembahasan di tingkat para pemegang saham," katanya.

Untuk diketahui, saat ini komposisi saham PT NNT dimiliki oleh Nusa Tenggara Partnership B.V. sebesar 56%, PT Multi Daerah Bersaing sebesar 24%, PT Pukuafu Indah sebesar 17,8%, dan PT Indonesia Masbaga sebesar 2,2%. Sedangkan, sebesar 7% saham Nusa Tenggara Partnership B.V, tengah dalam proses divestasi kepada pemerintah Indonesia.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga menginginkan seluruh sahamnya yang berjumlah 6% di PT Daerah Maju Bersaing (DMB) untuk jual ke PT Medco Energi Internasional Tbk. Bahkan rencana melepasa seluruh saham tiga daerah itu mendapat dukungan penuh dari DPRD Provinsi NTB. Setelah adanya permintaan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.

PT DMB merupakan perusahaan dari tiga daerah, yakni Pemprov NTB, Sumbawa, dan Sumbawa Barat. DMB bersama PT Multi Capital (MC) mengakuisisi total 24 persen saham Newmont melalui perusahaan konsorsium PT Multi Daerah Bersaing (MDB). Terdiri dari 6 persen saham PT DMB dan 18 persen saham milik PT Multicapital.

Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi menilai opsi menjual 6% persen saham milik daerah itu adalah pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan terus merosotnya harga saham perusahaan dan pemerintah terus merugi.

Menurut Mori, saat proses divestasi awal, saham Newmont sangat tinggi. Ketika itu mencapai 867 juta dollar, namun saat ini harganya hanya mencapai 528 juta dollar. Sehingga terjadi penurunan mencapai 300 juta dollar lebih.

"Kita khawatir makin lama saham ini tidak akan ada nilainya. Sehingga opsi menjual saham di saat posisi turun adalah yang terbaik," kata Mori.

Sumber : www.antaranews.com

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT