News Update PLN Proyeksikan Pertumbuhan Konsumsi Listrik Tidak Mencapai Target RUPTL 2018-2027
News

PLN Proyeksikan Pertumbuhan Konsumsi Listrik Tidak Mencapai Target RUPTL 2018-2027

JAKARTA – PT PLN (Persero) memproyeksikan pertumbuhan konsumsi listrik tidak akan mencapai target sesuai Rencana Usaha Penyedia Tenaga Listrik (RUPTL) 2018-2027.

Syofvi Roekman, Direktur Perencanaan Korporat PLN, mengatakan saat ini perhitungan terhadap pertumbuhan konsumsi masih berlangsung, namun dari hasil yang ada sudah terlihat kecenderungan tidak akan mencapai target. Selisih antara proyeksi dengan realisasi tidak akan berbeda jauh seperti pada 2017.

“Saya sih berharap paling tidak pertumbuhan konsumsi bisa dipertahankan. Kalaupun ada adjustment, tidak sedrastis RUPTL 2017. Asumsi pertumbuhan saya kan 8,3 % (RUPTL 2017), sekarang 6,8%. Ya paling tidak saya masih bisa mempertahankan konsumsi diatas 6%,” kata Syofvi di Jakarta, Selasa (23/10).

Dalam RUPTL 2017-2026 realisasi pertumbuhan konsumsi listrik sangat jauh dari target 8,3% karena realisasinya hanya mencapai 3,57%. Pada RUPTL 2018-2027, pertumbuhan sebesar 6,86% dengan total rencana pembangunan pembangkit sebesar 56.024 megawatt (MW).

Menurut Syofvi, PLN masih berharap akan ada tambahan konsumsi dari luar wilayah sistem Pulau Jawa karena ada beberapa pabrikan yang rampung pembangunannya.

“Ini masih berhitung, kan juga banyak yang gede-gede yang masuk. Misalnya, smelter di Sulawesi, sistem Kendari dan Sulawesi Selatan dan Barat kan naik tuh. Jadi ini nge-boosting pertumbuhan. Ini lagi dihitung,” ungkap Syofvi.

Pertumbuhan konsumsi nantinya sangat erat kaitannya dengan pergeseran jadwal COD (Commisioning Operating Development) proyek pembangkit 35 ribu megawatt.

Syofvi mengatakan, jika konsumsi tidak tumbuh dengan baik maka hal ini tentu akan mempengaruhi keputusan PLN untuk bisa menetapkan proyek pembangkit listrik.

Selain itu, berbagai upaya untuk bisa mempertahankan konsumsi pertumbuhan listrik dilakukan PLN. Salah satu pertumbuhan yang digenjot adalah pertumbuhan konsumsi rumah tangga.
Baca juga Formula Harga Gas Baru akan Ikuti Harga Minyak dan Produk

“Ya kami harus melaunching produk. Bagaimana sekarang kami mengajak masyarakat untuk menggunakan kompor induksi, mendorong penggunaan mobil listrik. Kami harus punya inovasi,” tandas Syofvi.(RI)

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT