News Update Pongkor habis 2021, Antam segera mencari cadangan pengganti
News

Pongkor habis 2021, Antam segera mencari cadangan pengganti

Pongkor habis 2021, Antam segera mencari cadangan pengganti
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) masih terus berikhtiar mendapatkan cadangan emas anyar untuk menggantikan tambang emas yang berlokasi di Pongkor, Bogor, Jawa Barat. Tambang emas milik ANTM ini diproyeksikan akan habis pada 2019, padahal kontrak eksplorasi di wilayah tambang ini baru akan habis pada 2021 mendatang.

Per Februari 2018, cadangan emas di tambang Pongkor ini tersisa 3 juta ton. Dalam berita Kontan.co.id sebelumnya, ANTM juga membuka peluang untuk membentuk usaha patungan dalam kegiatan ekplorasi emas dengan Newcrest Mining Limited.

Ada beberapa wilayah yang difokuskan oleh kedua perusahaan ini untuk mencari cadangan baru. Misalnya di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Daerah-daerah ini dinilai memiliki prospek yang cukup baik.

Direktur Utama ANTM, Arie Prabowo Arietedjo mengungkapkan hingga saat ini perusahaan masih terus mencari cadangan emas tersebut dengan mengakuisisi tambang emas baru. “Untuk rencana akuisisi tambang emas baru lagi dicari, terutama yang sudah produksi,” ujarnya pada Kontan.co.id, Selasa (13/11).

Selain tambang emas milik ANTM yang berlokasi di Pongkor, ANTM juga memiliki tambang emas di Cibaliung, Pandeglang, Banten yang mulai beroperasi sejak 2010. Total produksi keduanya pada 2017 sebesar 1,97 ton emas.

Pada tahun ini, Arie menargetkan dari kedua tambang ini mampu memproduksi 2 ton emas. “Sampai Oktober 2018 realisasinya sudah sebesar 1,7 ton emas,” ungkapnya.

Selain kedua tambang itu, tambang emas Gosowong di Halmahera, Maluku Utara yang dioperasikan oleh PT Nusa Halmahera Minerals juga hanya mampu bertahan sampai dua hingga tiga tahun ke depan. ANTM memiliki 25% saham NHM dan sisanya dimiliki oleh Newcrest.

Sementara untuk rencana bisnis pada tahun depan, ANTM juga masih fokus mengawal sejumlah proyek hilirasasi pertambangan. Arie menjelaskan untuk tahun depan perusahaan bakal fokus terhadap proyek hilirisasi alumina salah satunya.

Selanjutnya, sambung Arie, perusahaan juga ada proyek hilirisasi tambang lain yaitu pabrik feronikel di Halmahera Timur. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 13.500 ton nikel per tahun.

Proyek lainnya ada smelter grade alumina di Kalimantan Barat yang memiliki kapasitas 1 juta ton yang digarap bareng induk usaha PT Indonesia Asahan Aluminium. “fokus bisnis tahun depan salah satunya eksplorasi emas,” pungkasnya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT