News Update Proyek 35.000 MW Mampu Naikkan Pemanfaatan Gas Domestik, Ini Petanya
News

Proyek 35.000 MW Mampu Naikkan Pemanfaatan Gas Domestik, Ini Petanya

Proyek 35.000 MW Mampu Naikkan Pemanfaatan Gas Domestik, Ini Petanya
Porsi pemanfaatan gas oleh domestik diprediksi akan semakin tinggi, seiring dengan berjalannya program 35.000 Mega Watt (MW) yang juga akan memanfaatkan penggunaan gas sekitar 25%.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan, hingga 2016 kebutuhan gas untuk pembangkit tenaga listrik adalah 429 billion cubic feet (BCF).
Sudirman meyakini porsi ini akan semakin besar, terutama pada 2025 diperkirakan mampu dimanfaatkan sampai 473 BCF.

“Diharapkan porsi gas akan semakin besar, sehingga pada tahun 2025 kebutuhan gas diperhitungkan akan meningkat menjadi sebesar 473 BCF," ungkap Sudirman di Gedung DPR MPR, Selasa (21/6).

Sudirman menyebut, setiap wilayah akan berbeda besaran pemanfaatan gasnya, tergantung dari seberapa besar kebutuhan wilayah itu sendiri.

Seperti halnya Sumatera, PT PLN (Persero) akan membangun 1.079 MW dengan 119 billion british thermal unit per day (BBTUD) dan sisanya dibangun oleh pengembang listrik swasta (Indonesia Power Producer/IPP).

“Sementara di Pulau Jawa, PLN akan membangun 2504 MW dengan kebutuhan 119 BBTUD dan IPP akan membangun 4.250 MW dengan kebutuhan 305 BBTUD,” ujar Sudirman.

Selanjutnya, di Pulau Kalimantan akan dibangun pembangkit listrik sebesar 1.091 MW dengan kebutuhan gas sebesar 86 BBTUD, yang dibagi untuk PLN sebesar 956 MW dengan kebutuhan 81 BBTUD dan IPP sebesar 135 MW dengan kebutuhan 5 BBTUD.
"Sedangkan di Sulawesi, kebutuhan gas total sebesar 148 BBTUD.

PLN akan membangun 1.770 MW dengan kebutuhan 139 BBTUD dan IPP membangun 60 MW dengan kebutuhan gas sebesar 9 BBTUD,” papar Sudirman.

Di sisi lain, untuk pulau-pulau dengan luas wilayah lebih sedikit seperti kepulauan Nusa Tenggara, Sudirman mengaku PLN akan membangun 450 MW dengan kebutuhan gas sebesar 9 BBTUD. Serta di Maluku dan Papua, PLN akan membangun 430 MW dengan total kebutuhan gas sebesar 50 BBTUD.

“Angka-angka tersebut merupakan bagian dari RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) yang kita jadikan pedoman, serta merupakan bagian dari RUPTL yang baru kita putuskan,” pungkas Sudirman.

Sumber : www.jitunews.com

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT