News Update Selain Batu Bara, Ini Deretan Tambang Besar Lainnya di Kalsel<br><br>
News

Selain Batu Bara, Ini Deretan Tambang Besar Lainnya di Kalsel


' />
JAKARTA, KOMPAS.com - Kalimantan Selatan atau Kalsel dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia dengan produksi batu bara paling besar. Saat booming batu bara, produksi batu bara Kalsel sempat mencapai 162 juta ton.

Dikutip dari data Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu (20/1/2021), Kalsel sebenarnya memiliki banyak kekayaan tambang lain di luar batu bara. Emas contohnya. Pemprov Kalsel menyebut, terdapat kandungan emas yang sangat melimpah di wilayahnya yang tersebar di Kabupaten Tanah Bumbu sebesar 11.250 ton, Kotabaru sebesar 25.289 ton dan Hulu Sungai Tengah sebesar 67.500 ton. Bijih besi yang bisa ditambang di Kalsel juga terbilang besar. Potensi tambang bijih besi di Kalimantan Selatan terdapat di Kabupaten Tanah Laut sebesar 185.667 ton.

Di Kalsel, saat ini sudah berdiri sejumlah pabrik smelter (pengolahan bijih besi menjadi besi spons). Salah satunya proyek smelter berkapasitas 315.000 ton per tahun tahun yang digarap oleh dua BUMN, PT Aneka Tambang Tbk bersama PT Krakatau Steel Tbk dengan membentuk perusahaan patungan yang diberi nama PT Meratus Jaya Iron & Steel di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu, terdapat 2 perusahaan lagi yang menggarap proyek smelter, yaitu PT Sebuku Iron Lateritic Ore (kapasitas 1 juta ton per tahun) di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Lalu ada PT Delta Prima Steel (kapasitas 100.000 ton per tahun) yang berlokasi di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Minyak bumi di Kalsel ini dieksplorasi dan dieksploitasi oleh PT Pertamina Unit Bisnis, Eksplorasi dan Produksi (UBEP) Tanjung dengan wilayah pengerjaan seperti Tanjung Raya, Murung Pudak, dan Warukin Tengah. Lalu Warukin Selatan, Tapian Timur, Tanta dan Kambitin. Kapasitas produksi rata-rata 4.000-4.500 barel per hari. Kekayaan intan Sudah sejak lama Kalsel, khususnya Martapura dikenal sebagai penghasil intan terbesar di Indonesia. Pendulangan intan merupakan salah satu mata pencaharian turun temurun, khususnya di Banjar Baru.

Masih dikutip dari DPMPTSP Kalsel, para pendulang biasanya berkelompok-kelompok menggali lubang pada kedalaman sekitar 10-12 meter dengan menggunakan peralatan tradisional dan metode lama. Bahan galian tersebut selanjutnya dicuci untuk mencari sebutir intan, terkadang pendulang menemukan pula batu akik dan pasir emas. Intan yang ditemukan kemudian dibawa ke Martapura untuk dibersihkan dan digosok. Di jantung Kota Martapura, banyak ditemukan rumah-rumah tempat penggosokan intan baik secara tradisional maupun modern. Intan-intan tersebut digosok hingga menghasilkan bentuk yang beraneka macam dan kemudian dijadikan cincin, gelang, kalung, bros dan anting. Beberapa hasil tambang lain di Kalsel yang cukup dominan antara lain pertambangan mineral kromit, marmer, batu gamping, pasir kuarsa, dan kaolin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Batu Bara, Ini Deretan Tambang Besar Lainnya di Kalsel", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/01/20/130522826/selain-batu-bara-ini-deretan-tambang-besar-lainnya-di-kalsel?page=all.
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT