News Update Wabah Corona dan Anjlok Harga Minyak<br><br>
News

Wabah Corona dan Anjlok Harga Minyak


' />
PT AKR Corporindo Tbk atau AKRA optimistis kinerja keuangan kuartal pertama tahun ini tetap baik. Meskipun, ada kekhawatiran terhadap dampak ekonomi dari wabah virus corona dan jatuhnya harga minyak dunia.

Direktur AKR Suresh Vembu mengatakan kekhawatiran terhadap virus corona tidak membuat bisnis perusahaan terganggu. Sektor batu bara Indonesia sejauh ini justru menerima manfaat dari wabah virus Covid-19. AKR mencatat ekspor batu bara ke Tiongkok naik dua kali lipat menjadi US$ 205 juta pada Februari 2020 sesuai data pabean. Di sisi lain, Suresh mengklaim penurunan harga minyak dunia tak menggerus keuntungan perusahaan.

"Penurunan harga minyak umumnya mendukung margin AKRA," ujar Suresh dalam keterangan tertulis pada Senin (9/3). AKR pun optimistis volume penjualan BBM bisa meningkat pada kuartal I 2020. Perusahaan mencatat volum BBM rata-rata bisa mencapai 200 ribu kiloliter (KL) per bulan pada periode Januari-Februari 2020. "Diperkirakan margin dan volume akan dipertahankan hingga Maret 2020. Ini akan mendukung pertumbuhan yang relatif kuat dibanding kuartal pertama 2019 dimana volumenya 482 ribu KL," kata Suresh.

Hal tersebut didukung usaha patungan BP-AKR yang menunjukkan pertumbuhan volume harian pada Februari 2020 sebesar 16% (month on month basis). Ditambah dengan formula penetapan harga baru yang efektif mulai Maret 2020 memberikan margin yang sejalan dengan rencana investasi BP-AKR. (Baca: Harga Minyak Anjlok, Harga BBM BP-AKR Bisa Turun Bulan Depan) Selain BBM, volume penjualan kimia perusahaan pada kuartal I 2020 naik 10% secara tahunan. AKR juga menyebut penjualan lahan di kawasan industri JIIPE bisa meningkat.

Suresh menyebut penjualan tanah 14 hektar berdasarkan MoU yang ditandatangani pada Desember 2019 akan diselesaikan pada kuartal I 2020. "Kami sekarang melihat peluang penjualan tanah sekitar 25-30 hektar selama 2020, yang berasal dari pelanggan saat ini yang berencana memperluas operasi mereka," ujarnya. Selain itu, Freeport Indonesia telah meminta perpanjangan izin konsentrat tembaga dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ini didasarkan pada pencapaian penyelesaian proyek smelter 4,88%, sedangkan persyaratan hanya 4,09%. Proyek smelter Freeport Indonesia memang dibangun di atas lahan JIIPE seluas 103 hektar. Sebelumnya, AKR mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 56,5% secara tahunan pada kuartal ketiga 2019 menjadi Rp 565 miliar.

Padahal AKRA bisa mencatatkan laba bersih pada kuartal ketiga 2018 sebesar Rp 1,3 triliun. Turunnya laba perusahaan dipicu oleh melambatnya penjualan dan pendapatan sebesar 10,16% secara tahunan menjadi Rp 15,12 triliun. Volume penjualan bahan kimia dasar hanya naik 2%, sedangkan volume BBM masih bisa tumbuh 27%.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "AKR: Kinerja Keuangan Kuat Hadapi Wabah Corona dan Anjlok Harga Minyak" , https://katadata.co.id/berita/2020/03/09/akr-kinerja-keuangan-kuat-hadapi-wabah-corona-dan-anjlok-harga-minyak
Penulis: Ratna Iskana
Editor: Ratna Iskana

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT