News Update Ekspor Sektor Industri Capai Rp2.050 T hingga Oktober 2021
News

Ekspor Sektor Industri Capai Rp2.050 T hingga Oktober 2021

Ekspor Sektor Industri Capai Rp2.050 T hingga Oktober 2021
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan ekspor sektor industri mencapai US$143,76 miliar atau setara Rp2.050 triliun (kurs Rp14.266 per dolar) hingga Oktober 2021.

"Sementara, pada Januari hingga Oktober 2021, tercatat sebesar 77,16 persen atau senilai US$143,76 miliar dari total ekspor nasional sebesar US$186,31 miliar," kata Agus dalam Berita Satu Economic Outlook 2022, Selasa (23/11).

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari cara pemerintah dalam mengendalikan pandemi di Indonesia. Tak ayal, Agus optimis kinerja industri hingga akhir tahun dapat mendekati target pertumbuhan industri nonmigas sebesar 4 persen dan kontribusinya sebesar 18 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

ADVERTISEMENT
Image parallax1

SCROLL TO RESUME CONTENT


Lihat Juga :
Pengusaha Angkat Suara soal Tuntutan Buruh Naikkan UMP

Dalam paparannya, subsektor industri makanan dan minuman menyumbang kontribusi tertinggi yakni 38,91 persen. Investasi yang masuk hingga September 2021 mencapai Rp236,79 triliun. Pertumbuhan sektor ini pada kuartal 3 2021 juga positif, 4,12 persen.

Raihan tersebut akhirnya mendorong purchasing manager index (PMI) manufaktur Indonesia naik dan menduduki posisi tertinggi sepanjang sejarah yakni 57,2.

Agus juga menyoroti kinerja industri manufaktur yang cukup baik dengan perolehan sebesar Rp131,1 miliar. Nilai ekspor manufaktur mewakili 80,3 persen dari ekspor nasional pada tahun lalu.

"Pencapaian ini menggambarkan pergeseran produksi dari produk primer ke produk manufaktur yang memiliki nilai tambah," ujarnya.
Lihat Juga :
Fasilitas Apartemen dan Mobil Dinas Bakal Kena Pajak

Selain itu, pemerintah juga sedang fokus terhadap hilirisasi produk pertambangan dengan membuat berbagai smelter seperti smelter nikel yang dapat memproduksi 12,3 juta ton nikel, smelter aluminium sebesar 6 juta ton, dan smelter tembaga sebesar 3,2 juta ton.

Hilirisasi batu bara juga dilakukan dengan melakukan gasifikasi batu bara menjadi olahan lainnya seperti methanol yang dapat diproduksi sebesar 4,5 juta ton per tahun.

"Proyek gasifikasi batu bara didukung sumber batu bara sebesar 38,8 miliar ton. Ini akan mengakhiri penjualan komoditas mentah tanpa ada nilai tambah," katanya.

Ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan smelter bagi hilirisasi industri pertambangan lainnya.

Baca artikel CNN Indonesia "Ekspor Sektor Industri Capai Rp2.050 T hingga Oktober 2021" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211123173326-92-725075/ekspor-sektor-industri-capai-rp2050-t-hingga-oktober-2021.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT