News Update Harga Nikel Terus Naik, Tapi Perusahaan Tambang Nikel Terhambat Persetujuan RKAB
News

Harga Nikel Terus Naik, Tapi Perusahaan Tambang Nikel Terhambat Persetujuan RKAB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah kenaikan harga nikel dunia, pelaku usaha di industri hulu nikel justru mengalami kendala terhambatnya persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya Tahunan (RKAB).

Sekjen Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), Meidy Katrin Lengkey mengungkapkan dari sekitar 300 perusahaan tambang nikel, sampai dengan saat ini baru 5 hingga 6 perusahaan yang mendapatkan persetujuan RKAB. Padahal, seharusnya RKAB sudah mulai berjalan sejak Oktober 2021 atau 3 bulan sebelum tutup tahun.

"Penjualan dan produksi tambang harus berdasarkan RKAB yang dikeluarkan Kementerian ESDM melalui Dirjen Minerba. Sedangkan saat ini baru sedikit perusahaan yang sudah mendapatkan persetujuan RKAB sehingga bagaimana kami meningkatkan kapasitas produksi di tengah naiknya harga nikel sedangkan RKAB tidak ada," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (14/1).

Meidy mengatakan, jika banyak perusahaan tambang nikel yang tidak bisa melanjutkan produksi dan penjualan karena terkendala persetujuan RKAB ini, dampak yang bisa timbul adalah kurangnya bahan baku di smelter.

Saat ditanya mengenai faktor yang membuat RKAB tidak disetujui, Meidy bilang, pihak ESDM mengatakan sedang mengevaluasi RKAB tersebut karena saat ini sedang banyak kendala karena pelaporan feasibility studies, amdal, dan laporan cadangan. Namun, saat dikonfirmasi oleh Kontan.co.id, pihak ESDM sampai dengan saat ini belum memberikan jawaban.

Executive Director Indonesian Mining Association (IMA), Djoko Widajanto mengungkapkan terhambatnya persetujuan RKAB ini salah satunya karena banyak antrian RKAB yang seharusnya E-RKAB, namun ada kendala sehingga dilakukan secara manual.

"Namun saat ini belum ada berita baru mengenai berapa jumlah perusahaan yang telah mendapatkan persetujuan RKAB. Tetapi Minerba kabarnya sedang mempercepat," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (17/1).

Kendati baru ada 5-6 perusahaan tambang yang baru mengantongi RKAB, sejauh ini Djoko mengatakan pasokan nikel untuk smelter nampaknya tidak ada masalah karena umumnya smelter mempunyai tambang sendiri atau ada kontrak jangka panjang. "Karena penambang nikel ini ribuan, sehingga rantai pasokan berjalan baik," ujarnya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT