News Update Imbas Positif Naiknya Harga Komoditas, Kapuas Prima Coal Perluas Area Eksplorasi
News

Imbas Positif Naiknya Harga Komoditas, Kapuas Prima Coal Perluas Area Eksplorasi

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC) berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan kinerja dengan memperluas area eksplorasi pertambangan. Selain itu, hingga kuartal-III 2021, perseroan membukukan lonjakan laba bersih sebesar 148% menjadi Rp 65,4 miliar, dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yakni Rp 26,4 miliar.

Menurut Direktur Kapuas Prima Coal Evelyne Kioe mengatakan, tren peningkatan harga komoditas yang masih berlanjut didukung oleh upaya perseroan dalam meningkatkan kapasitas produksi, sehingga terjadi peningkatan penjualan.

“Hingga September 2021 ini, total produksi perseroan sudah mencapai sekitar 350.000 ton dan diharapkan pada akhir tahun dapat mencapai target produksi yakni sebesar 564.000 ton,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/11/2021).
BACA JUGA

Kapuas Prima Coal Raih Kinerja Positif hingga Semester I-2021

Adapun secara rinci, penjualan perseroan hingga kuartal III-2021 didominasi oleh penjualan konsentrat seng yang tercatat mencapai Rp 260,4 miliar atau berkontribusi sebesar 42,5% terhadap total penjualan. Kemudian, diikuti oleh penjualan konsentrat besi sebesar Rp 100,1 miliar, perak sebesar Rp 98,6 miliar, konsentrat timbal sebesar Rp 95,9 miliar, serta penjualan bijih besi sebesar Rp 57,5 miliar.

Dengan demikian, hingga akhir kuartal-III 2021, total penjualan perseroan mencapai Rp 612,6 miliar atau meningkat 61,0% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020.

Untuk menjaga pertumbuhan kinerja ini, kata Evelyne, perseroan akan terus meningkatkan cadangan dan sumber daya untuk diproduksi. Upaya ini, akan direalisasikan dengan melakukan perluasan area eksplorasi hingga 25% dari total luas area pertambangan perseroan sebesar 5.569 Ha yang terbagi atas dua Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Selama ini, ZINC baru melakukan eksplorasi di area seluas 390 hektar atau kurang lebih 8% dari total area konsesi. Kemudian, pada tahun 2020 kami memperoleh izin tambahan sekitar 1.169 hektar, sehingga saat ini total area eksplorasi ZINC mencapai hampir sekitar 1.600 hektar atau kurang lebih 25%,” ujarnya.

Evelyne melanjutkan, proses eksplorasi ditujukan untuk menentukan titik-titik cadangan mineral berada. Apabila dalam proses eksplorasi tersebut masih ditemukan mineral timbal dan seng, maka perseroan akan terus meningkatkan kapasitas produksi yang juga didukung oleh peningkatan kapasitas smelter yang tengah dibangun.

“Sesuai, dengan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyebutkan, bahwa setiap penambahan produksi konsentrat harus dijual kepada smelter yang berada di dalam negeri,” tutup Evelyne.

Kedepan, ZINC akan terus berfokus untuk memaksimalkan penjualan hingga Desember 2021, sejalan dengan harga komoditas Zinc (Zn) saat ini di kisaran US$3.200/ton, Timbal (Pb) di kisaran US$2.300/ton dan harga Perak (Ag) di kisaran US$23/ozt yang diharapkan melanjutkan kinerja positif perseroan.

Sebagai informasi, dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan di tahun depan, Kapuas Prima Coal juga telah merampungkan pembangunan smelter timbal dengan kapasitas produksi mencapai 20.000 ton per tahun yang direncanakan dapat beroperasi pada akhir tahun ini.

“Kami optimis dapat menutup tahun ini dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan tahun 2020. Hal ini karena kami melihat permintaan untuk konsentrat masih stabil, dan fenomena commodity supercycle juga masih berada di fase awal, sehingga masih ada peluang yang besar untuk kami terus menggenjot kinerja hingga tahun depan,” pungkasnya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT