News Update Kantor Luhut Kaji Pemanfaatan Limbah Tambang Timah
News

Kantor Luhut Kaji Pemanfaatan Limbah Tambang Timah

Kantor Luhut Kaji Pemanfaatan Limbah Tambang Timah
Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia yang dipimpin Luhut Pandjaitan membentuk kelompok kerja (pokja) pengelolaan limbah penambangan bijih timah, guna meningkatkan produksi dalam negeri yang bernilai ekonomi tinggi.

"Limbah penambangan bijih timah seperti monazit, ilmenit, zirkon dan mineral ikutan lainnya ini memiliki potensi sebagai pendapatan negara," kata Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Maritim dan Investasi, Nani Hendiarti, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/4).

Ia mengatakan pembentukan pokja ini sangat penting, agar limbah penambangan bijih timah dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk industri dalam negeri.
"Tim kerja ini difokuskan untuk mendukung produksi dalam negeri, di mana saat ini pemerintah sedang mendorong Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan pendapatan negara," ujarnya.

Kantor Luhut Kaji Pemanfaatan Limbah Tambang Timah (1)
Ilustrasi Timah Foto: Instagram/@officialtimah
Menurut dia ruang lingkup kerja tim pokja ini meliputi pendataan jumlah atau volume limbah tambang timah di setiap usaha tambang timah dan smelter, melakukan penelitian kandungan elemen penting sisa hasil pengolahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, tim ini juga mengkaji pengembangan industri pemanfaatan kandungan logam tanah jarang merupakan mineral ikutan bijih timah yang bernilai ekonomi yang tinggi.
"Mineral ikutan timah ini harus dikelola dengan baik, jika tidak tentunya berpotensi sebagai kerugian negara dan daerah ini sebagai penghasil timah nomor dua terbesar dunia," katanya.

Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan menyatakan mendukung Kemenko Maritim dan Investasi yang mendorong Babel sebagai provinsi percontohan dalam pengelolaan mineral ikutan timah ini.

"Kemenko Maritim dan Investasi berharap Babel sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan limbah tambang ini bagi provinsi lainnya seperti Kepri Riau, Kalimantan dan daerah tambang lainnya," katanya.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT