News Update Lama Mangkrak, Antam Operasikan Smelter Nikel Haltim di 2022
News

Lama Mangkrak, Antam Operasikan Smelter Nikel Haltim di 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengungkapkan masih menyelesaikan proyek pembangunan pabrik feronikel Halmahera Timur (P3FH) di Maluku Utara. Ditargetkan, pabrik ini dapat beroperasi pada tahun depan.

Padahal, mulanya smelter ini ditargetkan bisa beroperasi pada 2019. Masalahnya, hingga kini masih sama, yakni belum adanya kepastian pasokan listrik untuk smelter.

Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan menjelaskan saat ini perusahaan tengah melakukan pembahasan kerja sama dengan PT PLN (Persero) perihal penyediaan listrik untuk proyek smelter tersebut.

"Antara Antam dengan PLN masih on going, melakukan pembahasan kerja sama dengan PLN terkait penyediaan listrik. Dan diharapkan pabrik feronikel Halmahera Timur sudah bisa beroperasi di tahun depan, di 2022," jelas Yulan dalam konferensi pers, dikutip Jumat (24/12/2021).

Pabrik feronikel Halmahera Timur, Maluku Utara ini, kata Yulan, memiliki kapasitas 13.500 ton feronikel (FeNi) per tahun. Jika pembangunan pabrik ini selesai, maka ini akan menambah portofolio kapasitas tahunan feronikel Antam menjadi total 40.500 ton nikel.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan smelter feronikel milik Antam di Halmahera Timur ini akan beroperasi pada pertengahan 2019.

Lalu karena belum juga mendapatkan kepastian pasokan listrik, MIND ID, Holding BUMN Pertambangan pun menargetkan proyek ini bisa beroperasi pada 2020. Namun nyatanya hingga saat ini tak kunjung dioperasikan karena masih terkendala pasokan listrik.

Soal pasokan listrik ini bahkan sampai membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turun tangan dan meminta untuk lelang ulang pengadaan listrik untuk smelter tersebut.

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT