News Update Perhatian! Harga Timah Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Masa
News

Perhatian! Harga Timah Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Perhatian! Harga Timah Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Masa
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga timah tembus rekor harga tertinggi sepanjang masa setelah dampak krisis energi di China mulai mereda bagi perusahaan timah olahan. Katalis ini ditambah semakin terbenamnya persediaan timah dunia.

Harga timah pada Kamis (14/10/2021) pukul 15:45 WIB tercatat US$ 36.922.50/ton. Naik 1,35% dibanding harga penutupan perdagangan kemarin.

ad

Baca: Sedikit Lagi! Harga Timah Nyaris Rekor Sepanjang Masa

Kapasitas peleburan baru milik Teknologi Kaiyuan di Provinsi Jiangxi mulai beroperasi bulan lalu, menambah 400 ton produksi bulanan, kata Antaike dalam surveinya terhadap 20 pembuat timah olahan.Produksi timah olahan China pada September 2021 naik 12,7% month-to-month (mom) menjadi 15.153 ton.

Dampak dari kekurangan listrik pada konsumsi timah China telah mereda sejak akhir liburan 1-7 Oktober lalu. Perusahaan solder dan elektronik skala besar berproduksi seperti biasa, tambah Antaike.

Baca: Deretan 'Harta Karun' RI Bikin Kaya, Ada yang Nomor 1 Dunia

Sementara itu, persediaan timah dunia terjun ke bawah level 1.000 ton pada Kamis (14/10/2021) sejak Juni 2021. Persediaan yang langka membuat harga timah melaju pada perdagangan hari ini.

Persediaan logam timah di gudang LME (London Metal Exchange) berada di level 880 ton pada Rabu (13/10/2021). Angka ini merupakan level terendah sejak Juni tahun 2021.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, persediaan timah telah turun 83,4% ­year-on-year (yoy) dari 14 Oktober 2020.

Rata-rata persediaan pada bulan Oktober tercatat 1.095 ton, lebih rendah dari rata-rata persediaan bulan September 1.229 ton atau turun 10,9% month-to-month (mom).

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT