News Update Wujudkan KEK di Tanah Bumbu Jhonlin Group akan bangun pabrik smelter
News

Wujudkan KEK di Tanah Bumbu Jhonlin Group akan bangun pabrik smelter

Batulicin (ANTARA) - Janji Jhonlin Group membangun smelter di Kabupaten Tanah Bumbu akhirnya ditepati dalam rangka mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bumi Bersujud.

Bahkan Jhonlin Group tak main-main dalam mewujudkan tekadnya, yakni dengan menyiapkan lahan 2 ribu hektar (ha) di Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu guna menjadi pusat beragam industri.

Di atas lahan ini sudah dibangun pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR), yang baru-baru tadi diresmikan Presiden RI Ir H Joko Widodo. Selanjutnya, sejumlah pabrik lainnya menyusul dibangun

"Kedepan kami akan membangun pabrik smelter atau peleburan nikel,” ucap Owner PT Jhonlin Group, H Andi Syamsudin Arsyad kepada wartawan di Batulicin, Jumat (17/12/2021).

Pengusaha yang akrab disapa H Isam ini menjelaskan, kehadiran KEK di Tanah Bumbu diprediksi bakal menyerap 10 ribu lebih tenaga kerja lokal. Rencananya pabrik smelter sendiri akan dibangun empat line produksi.

Dari investasi industri ini, setidaknya Jhonlin Group akan menggelontorkan dana lebih kurang 440 juta US dollar.

"Melalui kawasan ekonomi khusus ini, diharapkan memajukan perekonomian Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan., terutama dalam menyerap tenaga kerja lokal,” imbuhnya.

Nantinya, pabrik smelter ini menjadi pertama dan satu-satunya di Kalsel. Hanya ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dijelaskannya, mengawali pembangunan pabrik smelter ini, jika tak ada aral, rencananya April 2022 mendatang terlebih dulu akan memulai penelitian pembangunan empat line produksi smelter.

"Hasil pengolahan pabrik smelter di Batulicin nantinya berupa barang setengah jadi akan dikirim ke luar negeri itu untuk menjadi barang jadi, berupa bahan baterai," terangnya.

Produk dari smelter kemudian didistribusikan untuk kebutuhan dalam negeri, serts negara-negara lain di dunia yang menjadi pasar potensial. *

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT