News Update Industri Smelter Siap Serap Nikel Kadar Rendah
News

Industri Smelter Siap Serap Nikel Kadar Rendah

Industri Smelter Siap Serap Nikel Kadar Rendah
PEMERINTAH kini mewajibkan industri hilir menyerap nikel kadar rendah di bawah 1,7% dari total kapasitas produksi fasilitas pemurnian dan pengolahan mineral (smelter).

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Nilaiu Tambah mineral melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian di Dalam Negeri.

Hal itu disambut positif oleh perusahaan tambang yang selama ini mengeluhkan rendahnya serapan nikel kadar rendah di pasar domestik seiring pembatasan pintu ekspor mineral mentah (ore).

PT Aneka Tambang Tbk bahkan diketahui menumpuk lebih dari 5 juta ton biji nikel kadar rendah tertambang lantaran belum termanfaatkan industri smelter domestik. Mayoritas industri smelter cenderung menyerap biji nikel berkadar tinggi di kisaran 2%.

Di lain sisi, Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) Jonatan Handojo pun menyatakan pihaknya siap menjalankan kebijakan baru tersebut. Dia berpendapat sejak 2012 lalu, pihaknya telah memakai nikel kadar rendah 1,7%.

"Kami industri smelter dalam negeri masih mampu menyerap nickel ore kadar rendah, terutama smelter yang menggunakan tungku blast furnace. Jadi tidak masalah,” ujar Jonatan saat dikonfirmasi, Rabu (18/1).

Hanya saja, Jonatan berharap negosiasi harga pembelian nikel kadar rendah tetap pada mekanisme B to B (business to business). "Mengenai harga mohon diserahkan B to B, jangan ditentukan pemerintah karena itu transaksi dagang biasa antarperusahaan di Indonesia,” tukasnya.

Soal harga memang diperkirakan akan memunculkan perdebatan. Karena pemerintah saat ini diketahui juga tengah merumuskan formula harga nikel berkadar rendah.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan harga patokan nikel kadar rendah akan diatur oleh Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

Menurutnya, selama ini biji nikel kadar sulit diserap industri smelter domestik lantaran terhambat persoalan harga. Karena itu, perlu dibuat harga patokan. Putu mengklaim tidak ada resistensi dari industrialis mengenai ketentuan tersebut. Pada prinsipnya industri bersepakat sepanjang suplai bahan baku untuk keberlangsungan smelter terjamin.

"Saya kira (soal harga patokan nikel kadar rendah) sudah lama dibahas stakeholder, mereka (industri smelter) pasti sudah paham. Sekarang bagaimana pelaksanaan soal petunjuk teknis turunan agar semuanya bisa terukur dan transparan,” tutur Putu. (X-12)

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT