News Update Pemerintah Bangun 19 Kawasan Ekonomi Khusus, 8 Sudah Beroperasi
News

Pemerintah Bangun 19 Kawasan Ekonomi Khusus, 8 Sudah Beroperasi

Pemerintah Bangun 19 Kawasan Ekonomi Khusus, 8 Sudah Beroperasi
Jakarta: Pemerintah mempercepat pengembangan 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) demi masuknya investasi, sehingga mendorong terbukanya lapangan kerja. Dari jumlah tersebut, delapan KEK industri telah beroperasi, dan tiga sisanya bersama delapan KEK Pariwisata masih dalam proses pembangunan.

"Tiga KEK lainnya masih dalam tahap pembangunan, yaitu Batam Aero Technic (BAT), Tanjung Api-api, dan Gresik," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto lewat keterangan resminya, Senin, 6 Desember 2021.
Ini 8 KEK industri yang telah beroperasi:

Arun Lhokseumawe
Sei Mangkei
Galang Batang
Kendal
MBTK (Maloy Batuta Trans Kalimantan)
Palu
Bitung
Sorong


Ia menjelaskan ekspor produk yang berasal dari KEK terus terus meningkat. Pada tahun lalu, nilai ekspor KEK Sei Mangkei mencapai Rp5,18 triliun.

Angka ini terus bertambah seiring dengan berlanjutnya produksi oleokimia dari kawasan tersebut. Sedangkan, KEK Palu mencatatkan pendapatan ekspor sebesar Rp79,9 miliar.

"Hal ini menandakan kebijakan pemerintah masih on the right track," jelas Eko.



Di sisi lain, KEK juga membantu penciptaan lapangan kerja sehingga akan mendorong pemerataan ekonomi di berbagai wilayah. KEK Kendal misalnya, menyerap tenaga kerja terbanyak hingga mencapai 8.690 orang.

Diikuti KEK Galang Batang dengan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 4.531 orang. Secara keseluruhan, jumlah tenaga kerja yang telah terserap dengan hadirnya kawasan ekonomi khusus tersebut mencapai lebih dari 27 ribu orang.
Komitmen investasi capai Rp92,9 triliun

Adapun total komitmen investasi dari 19 KEK tersebut mencapai Rp92,9 triliun dengan realisasi yang mencapai separuhnya atau Rp54,6 triliun.

"Investasi terbesar diterima KEK Galang Batang dengan jumlah Rp12,8 triliun, disusul kemudian oleh KEK Sei Mangkei sebesar Rp5,2 triliun, dan KEK Kendal sebesar Rp2 triliun," ungkap dia.

Nilai komitmen tersebut semakin bertambah dengan hadirnya investasi PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Industri JIIPE Gresik yang telah melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan smelter pada 11 Oktober 2021 lalu.

Dengan nilai investasi pembangunan smelter mencapai Rp42 triliun, PTFI melakukan pembangunan fasilitas pemurnian tembaga baru dengan desain kapasitas single line terbesar di dunia yang nantinya mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahunnya dan akan menyerap sebanyak 40 ribu tenaga kerja.

"Smelter tersebut memerlukan pasokan gas yang stabil dan harga yang kompetitif yang telah disediakan oleh JIIPE sebagai pengelola kawasan industri," pungkas Eko.

Editor : Nia Deviyana

Latest News

PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun PLN Siap Pasok Smelter Antam Hingga 30 Tahun
PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan.
PLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke DepanPLN Pasok Listrik ke Pabrik Smelter Antam Selama 30 Tahun ke Depan
PT PLN (Persero) berkomitmen akan menyuplai listrik sebesar 75 megawatt (MW) ke pabrik pengolahan dan pemurnian feronikel atau smelter milik PT Aneka Tambang (Antam) di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Smelter Feronikel Baru Antam ANTM di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLNSmelter Feronikel Baru Antam (ANTM) di Halmahera Timur Bakal Dipasok Listrik dari PLN
PT PLN (Persero) akan menjadi pemasok listrik untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian atau (smelter) feronikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara.
Member PT Hengtai Yuan
Member PT Indotama Ferro Alloys
Member PT Smelting
Member PT Bintang Smelter Indonesia
Member PT Meratus Jaya Iron  Steel
Member PT Cahaya Modern Metal Industri
Member PT Delta Prima Steel
Member PT karyatama Konawe Utara
Member PT Refined Bangka Tin
Member PT Central Omega Resources Indonesia
Member PT Kasmaji Inti Utama
Member PT Monokem Surya
Member PT Tinindo Internusa
Member PT Macika Mineral Industri
Member PT Indra Eramulti Logam Industri
Member PT Indonesia Weda Bay Industrial Park
Member PT AMMAN MINERAL INDUSTRI AMIN
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
Switch to Desktop Version
Copyright © 2015 - AP3I.or.id All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website by IKT