logo
Short Landscape Advertisement Short upperspace sumpah pemuda
About Us Latar Belakang AP3I

Latar Belakang AP3I

Latar Belakang Tujuan & Bentuknya AP3I

  1. Pembangunan Bangsa dan Negara yang dilandaskan kepada pertumbuhan dan pemerataan adalah tanggung jawab seluruh eleman masyarakat, termasuk bagi pengusaha di bidang pengelolahan dan pemurnian di indonesia. Ini merupakan kesempatan emas dan kehormatanbersama untuk berperan serta dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia sesuai amanat dalam Undang – Undang Dasar tahun 1945 dan Undang – Undang Dasar No. 4 Tahun tentang Pertambangan Mineral & Batubara.

  2. Guna menggalang seluruh potensi dan kemampuan yang lebih besar untuk kontribusi kepada Bangsa dan Negara yang didasari oleh kepentingan nasional maka para pengusaha di bidang pengolahan dan pemurnian di Indonesia yang di prakarsai oleh Bapak Abdul Razak Bawazir, Bapak Jonatan Handoyo, Bapak Heykel Hubeis dan Bapak Prihadi Santoso bersepakat atas kepentingan bersama untuk mendirikan sebuah asosiasi yang diberi nama “Asosiasi Perusahaan Pengolahan dan Pemurnian Indonesia” yang disingkat dengan AP3I atau dalam bahasa inggris bernama “ The Indonesia Smelter Enterprises Association “ yang disingkat dengan “ISEA”

  3. Sebagai langkah awal para pemarkarsa akan menghadap ke Notaris di Jakarta untuk meminta pengesahan terhadap pendirian asosiasi ini sebagai wadah resmi persatuan dan kesatuan para pengusaha dan pelaku ekonomi di bidang pengolahan dan pemurnian mineral di Indonesia yang akan dilaksanakan secepatnya.

  4. Merancang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Asosiasi dengan menitikberatkan kepada koordinasi dan kerjasama dengan para stakeholders yakni Pemerintah Pusat maupun Daerah, Swasta dan Masyarakat Umun, serta melibatkan para anggotanya untuk berperan serta secara aktif memberikan kontribusinya untuk kepentingan nasional sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri Republik Indonesia