logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

ESDM Tunjuk 20 Tim Verifikator Pembangunan Smelter

ESDM Tunjuk 20 Tim Verifikator Pembangunan Smelter<br>
JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menyiapkan 20 orang sebagai Tim Verifikator pelaksana peningkatan nilai tambah pertambangan melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Susigit mengatakan 20 orang yang masuk sebagai Tim Verifikator sudah tinggal di SK penunjukan ke badan usahanya.

“Lebih kurang 20 orang sesuai kompetensi yang memenuhi syarat,” ujar Bambang di Jakarta, Senin (17/4).

Seperti diketahui, Tim verifikator independen ini akan melakukan pengawasan atas tingkat kemajuan (progress) smelter yang dilakukan oleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk mendapatkan rekomendasi ekspor.

Bambang mencontohkan, salah salah satu kriteria verifikator independen diantaranya pertama, mempunyai pengalaman, kedua bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan ketiga mempunyai keahlian di bidang pengolahan dan pemurnian (smelter) metalurgi.

“Jadi, pemerintah itu sebenarnya sudah tidak menunjuk. Tapi silahkan dipilih oleh perusahaan, tapi ruang lingkupnya itu yang kita atur,” tuturnya.

Selain itu, kata Bambang menjelaskan, pembiayaan verifikator independen akan ditanggung oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun demikian, dia mengingatkan apabila pemerintah belum menyediakan anggaran untuk verifikator independen, maka perusahaan diharapkan untuk menyediakan anggaran tersebut.

“Supaya fair, kan kalau untuk biaya pemerintah menunggu anggaran. Dan kalau duitnya besar, lelang. Makanya kemarin saya bilang, biaya ditanggung pemerintah, dalam hal belum disediakan pemerintah, perusahaan dapat dikenakan biaya. Supaya, jangan stuck (berhenti) maksudnya. Jadi awalnya, boleh perusahaan, kalau itu sudah keluar, kami sampai proses ke Kementerian Keuangan untuk minta tambahan untuk verifikator. Anggaran untuk verifikator,” paparnya.

Bambang menegaskan kembali bahwa verifikator independen harus benar-benar independen.

“Jadi dia, verifikator harus independen. Kalau melanggar kesepatakan harus diblacklist,” pungkasnya.