logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

PT Tambang dan Aluminium Bangun Pabrik Pemurnian Bauksit

PT Tambang dan Aluminium Bangun Pabrik Pemurnian Bauksit
Jakarta-PT Aneka Tambang (Persero) Tbk dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sepa­kat membentuk anak usaha, PT Inalum Antam Alumina, untuk membangun pabrik pemurnian bauksit atau “smelter grade alumina refinery” dengan kapasitas 2 juta ton per tahun, di Mempawah, Kalimantan Barat.

Penandatanganan Joint Venture Agreement (JVA) dilakukan antara Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman dan Direktur Uta­ma Inalum, Winardi Sunoto, di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis, yang disaksikan Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Bagya Mulyanto.

Menurut Dirut Antam, Tedy Badrujaman, kerja sama Antam-Inalum ini langkah pen­ting untuk meningkatkan cadangan bauksit Indonesia serta mendukung sinergi BUMN. Dalam operasi usaha patungan SGAR Antam akan memasok bahan baku biji bauksit dari tambang bauksit Antam. Total investasi yang dibutuhkan diper­kirakan berkisar US$ 1 miliar atau setara de­ngan Rp 13,3 triliun.

Dari sisi permodalan, kedua pihak sepakat bahwa Inalum menyuntik dana sebesar 60% dari total investasi sesuai dengan porsi saham, sedangkan Antam sebesar 40%. “Selain internal investor, juga dimung­kinkan dari pinjaman perbankan dalam negeri. Bank-bank BUMN sudah berkomitmen untuk mendukung pembangunan pro­yek tersebut,” kata Tedy,.


Sumber : http://energitoday.com