logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Pemerintah Belum Setujui Medco Akuisisi Saham Newmont

Pemerintah Belum Setujui Medco Akuisisi Saham Newmont
Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah melakukan akuisisi terhadap kepemilikan PT Newmont Nusa Tenggara senilai USD2,6 miliar. Namun, pengalihan pemegang saham ini belum dilaporkan secara resmi kepada pemerintah.

Menurut Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, pergantian pemegang saham ini belum dilaporkan secara resmi kepada pemerintah. Hanya saja, Medco telah memberitahukan pengalihan saham ini secara nonformal.

"Belum disampaikan kepada perintah secara formal tetapi mereka sudah memberitahukan," jelas Bambang saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Menurut Bambang, pengalihan saham Newmont belum dapat secara sah dilakukan. Sebab, perlu menunggu izin dari pemerintah.
"Mereka harus mendapatkan persetujuan pemerintah kemudian baru sah sebagai pegang saham baru," tutupnya.

Seperti diketahui, pada 14 Juli lalu, Komisaris Utama Medco M. Lutfi bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution. Lutfi didampingi oleh pendiri PT Medco Energy International Arifin Panigoro. Dalam pertemuan yang berlangsung hingga malam ini, terdapat beberapa pembahasan internal yang dilakukan. Terutama adalah persoalan akuisisi Newmont.

"Jadi kita lapor, lapor ada beberapa hal terutama masalah dari pada akuisisi Newmont dan kegiatan-kegiatan usaha. Jadi dalam akuisisi Newmont itu ada yang penting, jadi ada beberapa yang kita laporkan," jelas Lutfi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 14 Juli lalu.

Sumber : www.okezone.com