logo
Short Landscape Advertisement Short xmas2020
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Antam Siapkan Belanja Modal Rp 2,8 Triliun, Buat Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau disebut Antam menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 2,84 triliun pada 2021.

SVP Corporate Secretary Antam, Kunto Hendrapawoko menuturkan, dana tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan yang bersifat produktif, pengembangan usaha dan sejumlah proyek perseroan, salah satunya pabrik Feronikel Halmahera Timur (P3FH).

"Yang terbesar adalah untuk usaha. Sebagaimana yang diketahui, saat ini Antam sedang dalam proses penyelesaian pabrik smelter feronikel di Halmahera Timur,” kata Kunto dalam video konferensi, Rabu (7/4/2021).

Selain itu, Antam juga memiliki kerja sama dengan PT Inalum dalam Proyek smelter grade alumina refinery (SGAR), serta proyek pengembangan lainnya yang saat ini sedang digodok oleh tim Antam untuk segera dikerjakan.

"Tahun ini kita masih akan berfokus pada penyelesaian smelter khususnya di pabrik feronikel di Halmahera Timur untuk bisa segera berkontribusi kepada perusahaan,” kata Kunto.

Saat ini, Kunto mengatakan proyek tersebut sedang dalam proses penyelesaian. Dengan kapasitas sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel, smelter ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas portofolio feronikel Antam akan menjadi sebesar 40.500 ton nikel dalam feronikel.

“Saat ini baru tercatat sebesar 27.000 ton nikel dalam feronikel. Sehingga jika ditambah kapasitas pabrik yang baru 13.500 akan berjumlah 40.500 ton nikel,” ujar dia.

Ia menambahkan, perkembangkan pabrik smelter itu sudah mencapai 98 persen. "Untuk pabrik smelter tersebut, progresnya sudah mencapai 98 persen untuk saat ini,” tegas dia.