logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Indonesia Punya Cadangan Tembaga Terbesar di Dunia

JAKARTA – Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Hal demikian, dikatakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan peletakkan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Jokowi menyatakan bahwa banyak yang tidak tahu mengenai kondisi ini. Potensi tersebut harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Oleh karena itu, dia tidak ingin Indonesia memiliki tambang tetapi smelter atau hilirisasinya di negara lain. Misalnya di Spanyol dan Jepang. Sebab, nantinya nilai tambahnya masuk ke negara tersebut, padahal tambangnya milik Indonesia.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang besar. Sangat besar. Masuk kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita enggak tahu. Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," ucapnya.