logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Presiden Joko Widodo Lakukan Groundbreaking Pembangunan Smelter Single Line Terbesar di Dunia

ZONA SURABAYA RAYA - Indonesia merupakan satu dari tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan grondbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur.

"Kita telah menguasai 51 persen saham Freeport. Lalu apa selanjutnya? Hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi," tulis Jokowi dikutip dari Instagram @jokowidodo pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan, groundbreaking ini dilakukan guna mempercepat nilai tambah.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Dorong OJK Kawal Digitalisasi Keuangan

"Untuk menciptakan nilai tambah itulah, hari ini, saya melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur," terangnya.

Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur ini dibangun di atas lahan seluas 100 hektare.

Smelter PT Freeport Indonesia ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga.

Dengan dibangunnya fasilitas ini, Jokowi berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di sini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk masuk ke KEK Gresik.***