logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Sstt.. Ekspor Bauksit Bakal Disetop Mulai Bulan Depan?

Sstt.. Ekspor Bauksit Bakal Disetop Mulai Bulan Depan?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan di tahun ini ada akan penutupan keran ekspor untuk salah satu komoditas pertambangan di Indonesia.

Kendati demikian, Bahlil belum mau menyebutkan komoditas apa yang akan dilarang untuk diekspor tahun ini, meskipun sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar ekspor bauksit disetop pada 2022 ini. Dia menyebut, bulan depan pihaknya akan mengumumkan secara resmi ke media terkait hal ini.

"Di tahun ini akan ada komoditas, kemungkinan akan dilarang (ekspor), tapi ini masih digodok. Saya belum bisa mengumumkan secara matang. Kasih saya waktu satu bulan baru saya umumkan ke media," jelas Bahlil kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/1/2022).

Saat ditegaskan lagi apakah komoditas yang dilarang untuk ekspor tersebut adalah bauksit, Bahlil menolak menjawab.

"Saya belum bisa ngomong, karena Kementerian Investasi baru akan ngomong kalau kebijakan ini sudah pasti," kata Bahlil melanjutkan.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan mandat untuk memberhentikan ekspor bahan mentah tambah, yakni bauksit di tahun ini, dan memberhentikan ekspor konsentrat tembaga pada 2023.

"Tahun ini segera kita akan setop bahan mentah bauksit. Tahun depan kita setop bahan mentah tembaga," ungkap Jokowi dalam acara HUT PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

Hal ini menyusul keputusan penghentian ekspor bahan mentah atau bijih nikel pada 2020. Presiden menyebut, hilirisasi ini sangat dibutuhkan untuk menambah lapangan kerja dan menyejahterakan masyarakat.

"Karena dampak hilirisasi industri ini sangat besar. Selain membuka lapangan kerja untuk rakyat akan memberikan nilai tambah yang besar," ujar lagi.

Berdasarkan data Booklet Bauksit 2020 yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada 2019 produksi bauksit Indonesia tercatat mencapai sekitar 16 juta ton. Jumlah ini merupakan 4,3% dari total produksi bijih bauksit dunia yang mencapai 370 juta ton.

Data tersebut menyebutkan bahwa ekspor bauksit Indonesia pada 2019 mencapai 16,1 juta ton, sementara yang digunakan untuk pabrik pengolahan bauksit menjadi alumina tercatat sekitar 2,9 juta ton bijih bauksit per tahun.

Ini berarti, sebagian besar bijih bauksit yang dihasilkan di dalam negeri masih diekspor.