logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

BUMN Minat Akuisisi 20% Saham Vale Indonesia

' />
JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan minat untuk akuisisi 20 persen saham PT Vale Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, perusahaan tambang nikel ini sudah mengajukan surat ke Kementerian BUMN. Dan BUMN menyatakan minat termasuk juga PT Inalum.

“Vale sudah ngirim surat. Kami sih berminat, belum ada penugasan. Inalum juga katanya berminat, semuanya juga berminat. Namun kita dari BUMN itu belum ada penugasan,” ujar Harry akhir pekan kemarin.

Saat ini kepemilikan saham Vale Indonesia, mayoritas masih dikuasai Vale Canada Limited yang merupakan pemegang saham terbesar, yakni 58,73 persen INCO. Sedang Sumitomo Metal Mining menguasai 20,09 persen. Sisa sebesar 20,49 persen merupakan pemegang saham publik.

Untuk diketahui, sesuai dengan amandemen kontrak karya 2014, INCO diwajibkan mendivestasi 40 persen sahamnya. Sebesar 20 persen saham sudah lebih dulu dilepas beberapa waktu lalu. Sisa divestasi 20 persen bakal dilakukan paling lambat Oktober 2019.