logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Bangun Smelter di Gresik, Freeport Siapkan Dana 2,6 Miliar Dolar AS

Bangun Smelter di Gresik, Freeport Siapkan Dana 2,6 Miliar Dolar AS
JAKARTA, iNews.id - Fasilitas pengolahan dan pemurnian tembaga (smelter) PT Freeport Indonesia (PTFI) dipastikan dibangun di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Rencana itu telah dilaporkan kepada Kementerian Energi dan Sumber DayaMineral (ESDM) usai proses divestasi saham 51 persen selesai.

“Sudah dilaporkan kepada Kementerian ESDM bahwa Freeport akan membangun smelter di JIIPE, Gresik, Jawa Timur,” ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono di Jakarta kemarin.

Menurut dia, sejauh ini PTFI belum melakukan pembangunan fisik smelter. Pengerjaan baru sebatas rekayasa desain dan memastikan berbagai kontrak untuk proyek tersebut. Rencana itu mengalami penyesuaian seiring divestasi 51 persen saham dengan jatuh tempo mundur dari awal 2022 menjadi akhir 2023 atau 5 tahun pasca divestasi.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral pada Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM Yunus Saefulhak menambahkan, pada dasarnya pembangunan smelter Freeport Indonesia masih sesuai rencana yang lama.

Namun, terjadi perubahan batas waktu target penyelesaian menjadi 2023 setelah terjadi perubahan kepemilikan saham. Untuk saat ini perkembangan pembangunan smelter Freeport mencapai 2,5 persen. “Sebenarnya masih sesuai rencana lama,” kata dia.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, dalam lima tahun ke depan smelter Freeport harus sudah dibangun. Terkait lokasi, kata dia, harus mempertimbangkan pasokan listrik.

“Persiapan memang di Gresik, tapi dari sisi lokasi dan ketersediaan energi listrik harus juga dipikirkan,” ujarnya.

Dia menandaskan, pembangunan smelter baru Freeport saat ini masih dalam kajian. Terdapat tiga opsi lokasi pem bangunan smelter.

“Ada opsi di Papua, NTB, dan Gresik. Tiga tempat itu masih dikaji,” ujarnya.