logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Ferdinand: Pungli Oknum Minerba Itu Lagu Lama!

Ferdinand: Pungli Oknum Minerba Itu Lagu Lama!
JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dugaan praktek pungitan liar (Pungli) oknum Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM itu lagu lama alias classik.

“Itu (pungli) bukan “barang” baru, itu sudah lama terjadi. Di semua sektor yang berbau investasi selalu ada mafianya, apalagi bisnis minerba yang menggiurkan,” ujar Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/10/2016) menyusul keluhan para pengusaha smelter yang merasa di pungli oknum.

Ditambahkan Ferdinand, praktek-praktek kotor memang seolah dibiarkan, keseriusan pemerintah memberantasnya dipertanyakan.

“Sebenarnya cara mengurangi atau menghilangkan pungli itu mudah apabila pemerintah terapkan sistem perizinan online,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ditjen Minerba Kementerian ESDM, mendapat sorotan tajam dari kalangan pengusaha. Lembaga itu disinyalir marak pungli sejak dulu, dilakukan komplotan orang kuat.

“Coba kamu (wartawan) bayangkan, oknum pelaku pungli itu sudah “bermain” sejak empat kali pergantian Dirjen. Bayangin, orang ini kuat sekali, walau dirjennya berganti tapi dia tetap di situ, urusan izin dia, urusan surat-surat dan segala birokrasi sama dia juga,” kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I), Jonatan Handoyo, kepada pers.