logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Freeport Minta Pemerintah Perpanjang Operasi Tambangnya Hingga 2041

Freeport Minta Pemerintah Perpanjang Operasi Tambangnya Hingga 2041
Jakarta, EnergiToday-- Direktur PT Freeport Indonesia, Clementino Lamury mengatakan, pihaknya meminta kepada pemerintah Indonesia agar segera memberi perpanjangan operasi hingga 2041.

Pasalnya, menurut Clementio, perpanjangan itu membawa dampak positif bagi pembangunan fasilitas pemurnian mineral (smelter) di Gresik, Jawa Timur.

Clementio menegaskan, Freeport berkomitmen dalam membangun smelter di dalam negeri. Meskipun hingga saat ini pembangunan smelter dengan investasi US$ 2,1 miliar itu secara fisik belum terlihat.

“Proyek ini padat modal dan kami membutuhkan persetujuan perpanjangan untuk bisa kami lanjut,” ujarnya.

Namun, dirinya mengakui, Freeport sebenarnya sudah memiliki smelter di Gresik dengan kapasitas 1 juta ton konsentrat tembaga. Namun Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara mengamanatkan peningkatan nilai tambah di dalam negeri.

Oleh sebab itu pihaknya kemudian menambah kapasitas smelter di Gresik hingga 2 juta ton konsentrat. “Fasilitas pemurnian yang kami miliki merupakan yang pertama dan satu-satunya smeltertembaga di Indonesia,” pungkasnya. [us]