logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Studi Kelayakan Bank Proyek Smelter di Mempawah Selesai Akhir April

Studi Kelayakan Bank Proyek Smelter di Mempawah Selesai Akhir April
Liputan6.com, Jakarta Studi kelayakan bank (bankable feasibility study) dari pengadaan proyek pengolahan bauksit menjadi Smelter Grade Alumina (SGA) yang dikelola PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat ditargetkan selesai pada akhir April 2018.

Direktur Utama (Dirut) Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengonfirmasi ulang, bahwa proyek SGA itu hingga kini masih dalam tahap akhir studi kelayakan bank. Baru kemudian akan dilakukan pembebasan lahan pada dua bulan berikutnya.

"Akhir bulan ini selesai bankable feasibility study-nya, pembebasan lahan Juni, mungkin di pertengahan tahun ini sudah bisa groundbreaking," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan, proyek tersebut baru dapat beroperasi pada 2021 nanti.

Smelter Grade Alumina itu sendiri dikelola dengan konsep perusahaan patungan atau Joint Venture (JV) yang melibatkan tiga perusahaan. Ketiganya yakni PT Inalum beserta anak usahanya Antam, dan Alumunium Corporation of China Ltd. (Chinalco).

Arie menyatakan, SGA Mempawah ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 1 juta ton alumina per tahun. Selanjutnya, hasil pengolahan itu akan dibagi rata untuk dua perusahaan induk yang terlibat dalam JV, yaitu Inalum dan Chinalco.

"Untuk 1 juta ton alumina itu, yang setengah juta akan diserap oleh Inalum, setengahnya oleh Chinalco," tandas dia