logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Abai Warning Ekspor Batu Bara Mentah, Tak Satupun Perusahaan Tambang di Kalsel Bikin Smelter

Abai Warning Ekspor Batu Bara Mentah, Tak Satupun Perusahaan Tambang di Kalsel Bikin Smelter
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Larangan pemerintah pusat terkait ekspor batubara dalam bentuk mentah menurut ketua komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo bukan baru-baru saja dikeluarkan.

Lantas jika mulai Januari ini ekspor Kalsel sebut akan turun drastis menurutnya itulah yang akan terjadi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terangnya memang harus siap mengalami penurunan pendapatan dari sektor ekspor di 2022 ini jika ketentuan itu benar diberlakukan.

"Ini karena pengusaha batubara yang abai terhadap warning dari Pak Jokowi. Padahal warning itu sudah ada sejak 5 tahun lalu, dan tidak mungkin pengusaha tidak tahu adanya warning itu," ujarnya saat dihubungi Senin (3/1/2022).

Baca juga: Ekspor Batu Bara Mulai Disetop Sebulan, Kemenhub Langsung Tutup Layanan Kapal Bermuatan Batu Bara

Baca juga: Larangan Ekspor Batubara Berlanjut, Dana Bagi Hasil Royalti Kalsel Diprediksi Anjlok

Perusahaan tambang raksasa misalnya Adaro dan Arutmin menurut Imam seharusnya mampu membuat smelter agar Kalsel tetap bisa ekspor batubara. Terlebih keduanya sudah lama bermain di sektor batubara.

Namun, sejak adanya wacana larangan ekspor batubara mentah hingga kini, di Kalsel tak ada satupun perusahaan tambang besar hingga kecil yang membuat smelter.

"Seharusnya dua perusahaan tambang raksasa Adaro dan Arutmin yang buat smelter itu, karena mereka yang ekspor, kalau yang kecil-kecil kan memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri misalnya untuk PLN," urainya.

Menurut sekretaris Fraksi PDI-P DPRD Kalsel ini tak ada jalan lain yang bisa dilakukan oleh Pemprov Kalsel untuk menutupi kekurangan pendapatan jika larangan ekspor batubara mentah diterapkan kecuali membuat smelter tersebut.

"Kalau sektor lain yang digenjot untuk menutupi penurunan itu saya rasa sulit," imbuhnya.
Iklan untuk Anda: Lelaki Jakarta Temukan Cara Tumbuhkan Rambut dalam Hitungan Hari
Advertisement by

Jika pun perusahaan raksasa membangun smelter menurut Imam juga akan kesulitan lantaran hingga kini belum diketahui produk dari smelter yang bisa laku di pasaran.



Contohnya hasil smelter yang pernah dibuat adalah briket.

Saat ini ungkap Imam, briket batubara untuk pasaran Eropa dan Asia contohnya Jepang dan Korea sudah tidak laku karena negara-negara tersebut telah memilih Wood Pelet yang merupakan energi baru dan terbarukan.

Sektor batubara sendiri kata Imam mendongkrak 11 hingga 13 persen pendapatan Kalimantan Selatan. Ia memprediksi jika Kalsel memang akan kesulitan jika aturan itu diterapkan.

"Bisa juga dari penambang besar yakni Adaro dan Arutmin membangun smelter yang menampung batubara dari penambang lokal," tambah Imam.

Diketahui ekspor Kalsel sangat dimonopoli oleh hasil tambang batubara. Dan salah satu komponen pendorong pertumbuhan ekonomi adalah ekspor selain investasi dan pendukung lainnya.

Ekspor terbesar Kalsel adalah Batubara. Berdasarkan data Dinas Perdagangan Kalsel, ekspor pertambangan pada September 2021, terdata dengan nilai sekitar 586.140. 833 US Dolar.

Pada Oktober, Terdata dengan nilai, 854.229.495 US Dolar, dan pada November 2021, tercatat sekitar 998.765.007. Jika komoditi tambang dilarang, maka untuk Januari ekspor Kalsel dipastikan akan turun drastis.

Baca juga: Indonesia Terancam Kekurangan Pasokan Listrik, Pemerintah Resmi Hentikan Eskpor Batu Bara

Sebelumnya kebijakan larangan ekspor batubara berdasarkan Surat dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM atas nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor B-1605/MB.05/DJB.B/2021 tertanggal 31 Desember 2021 perihal Pemenuhan Kebutuhan Batubara untuk Kelistrikan Umum.

Inti dari surat adalah Pemerintah mengambil kebijakan melarang penjualan batubara ke luar negeri sejak tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Januari 2022 secara umum dan menyeluruh yang diakibatkan karena adanya laporan dari PLN perihal kondisi persediaan batubara di PLTU grup PLN yang sangat rendah berdasarkan surat dari PLN tertanggal 31 Desember 2021.



Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Abai Warning Ekspor Batu Bara Mentah, Tak Satupun Perusahaan Tambang di Kalsel Bikin Smelter, https://banjarmasin.tribunnews.com/2022/01/03/abai-warning-ekspor-batu-bara-mentah-tak-satupun-perusahaan-tambang-di-kalsel-bikin-smelter?page=2.
Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo