logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News Update
RI Kaya Bauksit Tapi Pabrik Aluminium Masih Impor Bahan Baku
RI Kaya Bauksit, Tapi Pabrik Aluminium Masih Impor Bahan Baku
Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan mineral, termasuk bauksit. Biji bauksit adalah bahan mentah untuk aluminium. Tapi meski kaya akan bauksit, PT Inalum (Persero), BUMN yang memproduksi aluminium, terpaksa harus mengimpor bahan baku.
Newmont Ganti Nama Usai Aksi Akuisisi Selesai
Newmont Ganti Nama Usai Aksi Akuisisi Selesai
PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah berganti nama menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) setelah proses pengambilalihan saham NNT sebesar 82,2 persen selesai.
Pembentukan Induk BUMN Pertambangan Paling Siap
Pembentukan Induk BUMN, Pertambangan Paling Siap
Pemerintah berupaya merampungkan pembentukan induk usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nantinya akan ada holding BUMN untuk sektor keuangan, energi, pertambangan, pangan, perumahan, dan kontruksi jalan tol.
Darmin dan 3 Menteri Rapat Bahas Kelonggaran Ekspor Tambang Mentah
Darmin dan 3 Menteri Rapat Bahas Kelonggaran Ekspor Tambang Mentah
Menko Perekonomian, Darmin Nasution, siang ini memanggil Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, dan Menkum HAM Yasonna Laoly, untuk membahas rencana perpanjangan relaksasi ekspor tambang mentah.
Dirjen Minerba Penataan Pertambangan di Dalam Negeri Belum Optimal
Dirjen Minerba: Penataan Pertambangan di Dalam Negeri Belum Optimal
Hingga saat ini penataan sektor pertambangan belum optimal, dikarenakan belum semua Bupati/Walikota menyerahkan dokumen Izin Usaha Pertambangan (IUP) kepada Gubernur. Padahal batas waktu penataan pertambangan itu berakhir 2 Januari 2017 mendatang.
Pemerintah Siapkan Payung Hukum untuk Insentif Ekspor Mineral
Pemerintah Siapkan Payung Hukum untuk Insentif Ekspor Mineral
Pemerintah menegaskan kembali akan memberikan insentif bagi perusahaan tambang yang meningkatkan nilai tambah pertambangan melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral di dalam negeri.
Berapa Jumlah Smelter Ini Catatan KESDM
Berapa Jumlah Smelter? Ini Catatan KESDM
Meski berencana membuka keran ekspor mineral olahan (konsentrat) di 2017, pemerintah mengklaim realisasi pembangunan smelter menunjukkan tanda positif.
Ada 18 Smelter Rp 717 Triliun yang Sudah Beroperasi Ini Daftarnya
Ada 18 Smelter Rp 71,7 Triliun yang Sudah Beroperasi, Ini Daftarnya
Pemerintah telah menutup ekspor mineral mentah sejak 12 Januari 2014 lalu, hanya mineral yang telah melalui proses pengolahan dan pemurnian yang boleh diekspor. Tujuannya untuk mendorong hilirisasi mineral di dalam negeri, sesuai amanat Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara (UU Minerba).