logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News Update
Iklim Investasi Indonesia jadi Kiblat Harga Nikel Dunia
Iklim Investasi Indonesia jadi 'Kiblat' Harga Nikel Dunia
Pergerakan harga nikel dunia sangat sensitif dengan kondisi yang terjadi di Indonesia, termasuk regulasi yang diterbitkan pemerintah. Saat ini, harga nikel mengacu pada harga patokan London Metal Exchange (LME) yang memang dipengaruhi sentimen dari Indonesia dan Filipina.
AP3I Minta Pemerintah Cabut Relaksasi Ekspor
AP3I Minta Pemerintah Cabut Relaksasi Ekspor
Pemerintah didesak untuk segera mencabut aturan terkait relaksasi ekspor yang tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 Tahun 2017 dan Permen ESDM Nomor 6 Tahun 2017.
Industri Smelter Ambruk Akibat Implementasi Relaksasi Ekspor
Industri Smelter Ambruk Akibat Implementasi Relaksasi Ekspor
Akibat dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, sebanyak 12 perusahaan smelter nikel dalam negeri 'megap-megap' usai implementasi relaksasi ekspor.
IRESS  Kebijakan Relaksasi Impor Berdampak Negatif ke Industri Tambang
IRESS : Kebijakan Relaksasi Impor Berdampak Negatif ke Industri Tambang
Indonesia Resources Studies (IRESS) menilai program hilirisasi sektor pertambangan nampaknya tidak akan berjalan semenjak dikeluarkannya kebijakan relaksasi ekspor.
Ekspor Mineral Mentah Dibuka Kemenperin Rugikan Investor Smelter
Ekspor Mineral Mentah Dibuka, Kemenperin: Rugikan Investor Smelter
Pasca berakhirnya relaksasi ekspor konsentrat (mineral yang sudah diolah tetapi belum sampai tahap pemurnian) per 11 Januari 2017, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 (PP 1/2017), Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2017 (Permen ESDM 5/2017), dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 6 Tahun 2017 (Permen ESDM 6/2017).
Pemerintah Susun Acuan Harga Lahan Kawasan Industri
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyusun acuan referensi harga lahan kawasan industri. Nantinya acuan tersebut akan mengatur harga lahan kawasan industri agar kompetitif. “Kajiannya sedang dibuat oleh tim referensi harga tanpa membentuk komite kerja baru,” ujar Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kemenperin Imam Haryono di Jakarta, kemarin.
Merugikan Aturan Relaksasi Ekspor Konsentrat Diminta Dicabut
Merugikan, Aturan Relaksasi Ekspor Konsentrat Diminta Dicabut
Indonesian Resources Studies (IRESS) meminta pemerintah untuk mencabut relaksasi ekspor konsentrat dan mineral mentah.
Tak Ada Harapan Hilirisasi Tambang
Tak Ada Harapan Hilirisasi Tambang
Program hilirisasi sektor pertambangan nampaknya tidak akan berjalan semenjak dikeluarkannya kebijakan relaksasi ekspor.