logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News Update
Freeport Masalah Divestasi dan Lingkungan
Freeport, Masalah Divestasi dan Lingkungan
PT Freeport Indonesia kembali ramai dibicarakan pada pekan ini. Mulai dari publikasi hasil temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kerusakan lingkungan yang diakibatkan aktivitas tambang perusahaan tersebut, hingga proses divestasi yang ditargetkan selesai April ini, namun prosesnya masih penuh teka teki.
Inalum Sudah Ajukan Penawaran untuk 40% Hak Partisipasi Rio Tinto di Freeport
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum, induk usaha (holding) BUMN tambang, masih melakukan negosiasi harga pembelian 40% hak partisipasi (participating interest/PI) Rio Tinto di tambang PT Freeport Indonesia.
Freeport Bangun Smelter Kawasan Industri JIIPE
Freeport Bangun Smelter Kawasan Industri JIIPE
PT Freeport Indonesia mulai membangun smelter di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur. Awalnya, smelter perusahaan tambang asal Amerika Serikat rencananya dibangun di lahan milik PT Petrokimia Gresik
Divestasi Saham Freeport ESDM Tunggu Menkeu dan Menteri BUMN
Divestasi Saham Freeport, ESDM: Tunggu Menkeu dan Menteri BUMN
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Gatot Ariyono menyampaikan penyelesaian divestasi saham PT Freeport Indonesia tinggal tunggu hasil negosiasi di tangan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri BUMN.
Laman Mining dan Itamarta Kantongi Izin Ekspor
Laman Mining dan Itamarta Kantongi Izin Ekspor
PT Laman Mining dan PT Itamarta Nikel mengantongi rekomendasi izin ekspor dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada pekan kedua September. Rekomendasi itu merupakan dasar bagi Kementerian Perdagangan untuk menerbitkan Surat Persetujuan Ekspor (SPE).
FreeportAmman Jajaki Bangun Smelter Bersama
Freeport-Amman Jajaki Bangun Smelter Bersama
PT Freeport Indonesia menjajaki kerja sama dengan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) untuk membangun smelter (pengolahan mineral) tembaga secara bersama. Proses penjajakan itu ditandai dengan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang diteken pada Agustus 2017 lalu. Amman sebelumnya bernama PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang lokasi tambangnya berada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Nikel memimpin penguatan harga logam industri
Nikel memimpin penguatan harga logam industri
Di antara logam industri lainnya, nikel berhasil menunjukkan kinerja paling cemerlang di tahun ini. Sejak awal tahun harganya sudah tumbuh sekitar 7,96%. Gangguan pasokan yang terjadi ditengah kenaikan permintaan berhasil menjadi penopang penguatan harga.