logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News Update
Freeport Tunggu Rekomendasi ESDM
Freeport Tunggu Rekomendasi ESDM
PT Freeport Indonesia nampaknya masih belum mau mengekspor konsentrat. Padahal perusahaan tambang ini sudah mengangguk setuju berubah status sementara dari kontrak karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).
Diberlakukan Izin Ekspor Freeport Sementara
Diberlakukan Izin Ekspor Freeport Sementara
Ijin ekspor yang diberikan kepada PT Freeport Indonesia kini hanya bersifat sementara. Adapun izin ekspor sementara diberlakukan di mana setiap enam bulan sekali pihaknya akan me-review, “Demikian ditegaskan Menteri Energi sumber Daya dan Mineral (ESDM) Iqnatius Jonan seusai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana kepresidenan Jakarta, Kamis (16/4).
Bangun Smelter ANTM Butuh Rp 35 Triliun
Bangun Smelter, ANTM Butuh Rp 3,5 Triliun
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) membutuhkan dana sekitar Rp3,5 triliun untuk ekspansi smelter di Pomala, Sulawesi Tenggara.”Kapasitas smelter nikel yang sedang dibangun mencapai 13.500 ton per tahun dan uang hasil ekspor bisa dipakai untuk menambah kapasitas hingga dua kali lipat.
IUPK Sementara ESDM Freeport Bisa Ekspor 1113000 ton Kosentrat
IUPK Sementara, ESDM: Freeport Bisa Ekspor 1.113.000 ton Kosentrat
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) “sementara” bagi PT Freeport Indonesia. Penerbitan IUPK sementara ini guna memenuhi perusahaan asal Amerika Serikat untuk bisa ekspor konsentrat selama 8 bulan ke depan.
ESDM Minta Freeport Ajukan Lagi Volume Ekspor yang Diinginkan
ESDM Minta Freeport Ajukan Lagi Volume Ekspor yang Diinginkan
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta PT Freeport Indonesia kembali mengajukan permohonan kuota ekspor konsentrat tembaga. Pasalnya tingkat produksi Freeport saat ini berkurang hampir separuhnya.
Antam Raih Rekomendasi Ekspor Nikel dan Bauksit 355 Juta Ton
Antam Raih Rekomendasi Ekspor Nikel dan Bauksit 3,55 Juta Ton
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), badan usaha milik negara di sektor pertambangan mendapatkan rekomendasi ekspor mineral nikel kadar rendah dan bauksit sebesar 3,55 juta ton untuk periode satu tahun dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Eksplorasi Amman bisa terganjal status IUPK
Eksplorasi Amman bisa terganjal status IUPK
Rencana eksplorasi pengembangan Blok Elang di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara bakal terhambat aturan yang pemerintah bikin. Yakni soal batasan wilayah eksplorasi yang dipangkas menjadi 25.000 hektare (ha), bila perusahaan tersebut sepakat berubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).
Ini Alasan BUMN Tambang Tak Usah Beli Saham Freeport Indonesia
Ini Alasan BUMN Tambang Tak Usah Beli Saham Freeport Indonesia
Hingga saat ini, PT Freeport Indonesia belum juga merealisasikan komitmennnya untuk membangun fasilitas pemurnian mineral mentah (smelter). Padahal, padar pemegang Kontrak Karya seperti PT Vale ( ex Inco ) dan PT Amman Mineral Sumbawa (ex Newmont ) bersikap patuh mengikuti kewajiban dalam UU Minerba nomor 4 tahun 2009.